273 Petugas Kebersihan DLH Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

GOWA,REWAKO.ID – Sebanyak 273 Petugas Kebersihan, pertamanan, dan drainase di Dinas Lingkungan Hidup Gowa, dijamin BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu diungkapkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, saat menyerahkan kartu BPJS secara simbolis kepada petugas kebersihan, di Kantor DLH Gowa, Kamis (2/5/2019).

” Alhamdulillah satu persatu non pns kita tercover dengan BPJS Ketenagakerjaan, dan hari ini kita bagikan ke petugas kebersihan dengan iuran semuanya ditanggung oleh pemerintah daerah, jadi para pekerja mulai dari keluar rumah hingga kembali kerumah lagi akan dilindungi oleh BPJS ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Adnan mengaku salah satu ukuran keberhasilan suatu pemerintah dilihat dari kebersihan daerahnya, sehingga dirinya mengimbau para petugas untuk selalu bekerja dengan baik, tulus dan ikhlas dalam meningkatkan kebersihan di Kabupaten Gowa.

” Jadi mariki selalu bekerjasama menjaga Gowa khususnya kebersihan. Dan insyaallah mulai saat ini tidak usah khawatir berapapun biaya pengobatan saat mengalami kecelakaan itu ditanggung oleh BPJS, begitupan dengan asuransi kematian jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” jelas orang nomor satu di Gowa tersebut.

Salah satu penerima BPJS Ketenagakerjaan, Abdul Azis Nyala, mengaku sangat bersyukur atas terdaftarnya sebagai salah satu penerima, menurutnya ini akan dijadikan motivasi untuk terus giat bekerja kedepannya.

” Saya sudah lima tahun bekerja dan alhamdulillah sangat bergembira dengan adanya bpjs ketenagakerjaan dari pemerintah Gowa, insyaallah kami bersama dengan yang lainnya akan semakin giat bekerja dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Abdul Azis menambahkan, dengan dirinya yang kini ditanggung oleh BPJS ketenagakerjaan merupakan hal yang luar biasa, pasalnya segala sesuatu yang terjadi seperti kecelakaan dan kematian akan tanggung penuh oleh BPJS ketenagerjaan ini.

“Kita juga sudah dijelaskan tadi apa-apa saja yang diberikan tentang BPjS ini seperti kecelakaan, dan kematian. Kami sangat berterimakasih kepada Pemda Gowa, dan BPJS ini,” tambah Abdul Azis.

Sementara itu, Kepala Cabang Perintis Kabupaten Gowa, Zainuddin, mengatakan ada sebanyak 273 dari 281 yang terdaftar di BPJS dari DLH yang dalam hal ini petugas kebersihan, pertamanan, dan drainase.

Meskipun kata Zainuddin masih ada delapan yang belum namun dalam waktu dekat ini akan segera didaftarkan.

” Kami menerima data 273 orang, karena data inilah yang tercover oleh kita, kalau yang delapan orang nanti lengkap datanya baru diberikan kepada kami,” katanya.

Dijelaskan Zainuddin, BPJS ketenagakerjaan ini sangat baik digunakan bagi pekerja, apalagi iuran perbulannya sangat terjangkau yakni Rp 5.400 setiap bulannya.

” Sangat banyak perlindungan yang didapatkan dengan hanya Rp 5.400 orang perbulan, misalnya dalam perjalanan rumah ketempat kerja terjadi kecelakaan kerja maka semua biaya perawatan dan pengobatan di kelas II RS pemerintah kami yang tanggung hingga benar-benar sembuh, bahkan santunan juga akan diberikan apabila akibat dari kecelakaan tersebut tenaga kerja mengalami kecacatan dan kematian” beber Zainuddin

Tak hanya itu, Zainuddin mengungkapkan mengenai kepesertaan non ASN di kabupaten Gowa, saat ini sebagian SKPD yang telah telah terdaftar non ASNnya yakni Satpol PP, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Damkar, Dinas Kesehatan melalui puskesmasnya.

” Sebagian kepesertaan non ASN saat ini masih terus berproses, kami dari BPJS ketenagakerjaan berharap agar semua SKPD, segera mendaftarkan non ASNnya, mengingat terjadinya resiko tidak dapat kita prediksi, apalagi sesuai arahan pak bupati, kepada seluruh SKPD, yang mempekerjakan tenaga non ASN utk segera mendaftarkan ke BPJS ketenagakerjaan,” pungkas Zainuddin

Diakhir penyerahan, Adnan turut melalukan peresmian Kantor Baru Dinas Lingkungan Hidup yang bertempat di jalan Manggarupi Mangka Dg Bombong yang dihadiri Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *