470 Mahasiswa Unifa akan Kuliah Tematik di Pangkep

MAKASSAR,REWAKO.ID – Sebanyak 470 mahasiswa Universitas Fajar (Unifa) Makassar akan menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Pangkep. KKN Tematik ini sebagai program Universitas membangun Desa.

“Mahasiswa yang akan dikirim ke Pangkep, ada sekitar 60 mahasiswa akan melaksanakan KKN di wilayah kepulauan,”kata Deputi Rektor 1 Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr Nur Khaerat Nur, Jumat (19/7/2019).

Nur Khaerat mengatakan, mahasiswa sudah melakukan persiapan berupa, penyusunan program kerja, penempatan mahasiswa berdasarkan berbagai kriteria dan koordinasi dengan pihak Pemkab Pangkep terkait program dan lokasi KKN.

Dia mengatakan, program kerja tematik yang akan dijalankan oleh mahasiswa bertema “Unifa Membangun Desa Cerdas (Smart Village Development). Dengan ciri khas KKN Entrepreneurship (KKN-E)”.

“Unifa akan menjalankannya dalam beberapa program yaitu dalam bidang pariwisata, sanitasi dan kesehatan lingkungan, BUMdes, Pemetaan Potensi Wilayah dan Mitigasi Bencana,” ujarnya.

“Program kerja ini akan diterapkan secara berbeda berdasarkan kebutuhan Desa/Kelurahan yang dituju,”ujarnya.

Koordinar KKN-E Unifa, Muh Yusuf Ali program ini akan dilaksanakan di 29 Desa/Kelurahan yang terletak di 7 Kecamatan berdasarkan penetapan Bappeda Kab. Pangkep.

Menurut Muh Yusuf, peserta KKN-E tahun ini adalah Angkatan ke XII dan merupakan tahun pertama bagi Unifa menjalankan KKN-E di wilayah kepulauan. Kata dia, terdapat empat desa yang dituju, yaitu Mattiro Walie, Mattiro Bulu, Mattiro Labangeng dan Mattiro Bombang yang terletak di Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara.

“Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari LPPM Unifa. Dalam pelaksanaannya nanti,”ujarnya.

Sementara, Ketua LPPM, Dr. Sinardi, mengharapkan, transfer ilmu ke masyarakat tentang dunia digital bisa terlaksana dengan baik.

Menurutnya, dengan melek digital, masyarakat menjadi cerdas baik informasi, teknologi, mitigasi sampai finansial untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Selama proses persiapan ini, Unifa juga sudah akan melaksanakan pembekalan kepada mahasiswa pada Sabtu 20 Juli 2019 di Ballroom Universitas Fajar,”katanya.

Untuk memantapkan seluruh kesiapan program dan sumber daya yang selanjutnya akan diterapkan di lokasi KKN mulai 29 Juli 2019.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *