Adnan Dorong Hasil Pertanian Gapoktan di Pattallassang

GOWA,REWAKO.ID – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan akan mendorong hasil pertanian gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kecamatan Pattallassang. Hasil itu disampaikan saat menyerahkan sejumlah alat-alat pertanian kepada Gapoktan di sela-sela kunjungan kerja (Kunker), di Lapangan Kantor Desa Pattallassang, pada Senin (9/4/2019).

Alat pertanian yang diberikan salah satunya 1 unit mobil traktor, benih padi, benih jagung, alat tanam jagung, dan alat penyiraman atau sprayer.

Bupati Adnan mengatakan, bantuan alat pertanian dan benih tersebut sebagai upaya nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk meningkatkan hasil pertanian. Khususnya di Kecamatan Pattallassang.

“Kita ingin hasil pertanian baik padi maupun jagung yang ada di Gowa semakin baik dan meningkat. Apalagi dengan melihat potensi pertanian yang dimiliki daerah yang kita cintai ini,” katanya, Selasa (9/4).

Langkah lainnya yang akan didorong, lanjut Bupati Adnan, yaitu membangun Bendungan Jenelata di Kecamatan Manuju yang ditargetkan rampung pada 2022 atau paling lambat 2023 mendatang. Pasalnya mega proyek dengan anggaran sekitar Rp3 triliun ini bukan hanya menampung 240 juta meter kubik (m2) air, tetapi juga akan mengaliri 25.000 hektare (Ha) sawah di wilayah Gowa.

“60 persen masyarakat di Gowa adalah petani sehingga ini akan menjadi berkah bagi para petani dan kita semua secara menyeluruh,” ujarnya.

Tak hanya itu Bendungan Jenelata ini dapat mereduksi banjir, sehingga diharapkan di tahun-tahun mendatang tidak lagi terjadi banjir di Kecamatan Pattallassang, Bontomarannu, dan Kecamatan Sombaopu yang memang telah menjadi langganan banjir saat ini.

Sementara, Perwakilan Gapoktan Lombok Jaya, Pattallassang Munir menyampaikan terima kasihnya atas pemberian benih dari pemerintah daerah.

“Allhamdulilah, kita sangat senang dan syukur karena benih yang diberikan ini kualitasnya terbaik. Kami diberikan benih padi dan jagung, terimakasih Bapak Bupati Gowa,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Perwakilan Gapoktan Paccelekang Udin sangat berterima kasih atas pemberian yang diberikan. Pasalnya untuk pertama kali, pihak kelompok tani mendapatkan bantuan alat pertanian berupa mobil traktor.

“Barusan ada mobil, biasanya kami cuma diberi benih. Makanya kita sangat bersyukur sekali,” singkatnya.

Dikesempatan yang sama, Camat Pattallassang Baharuddin menambahkan, kunker di Kecamatan Pattallassang ini adalah kunjungan ke 9 dihari kelima yang dilakukan Bupati Gowa, Wakil Bupati Gowa dan seluruh jajaran SKPD.

“Terimakasih atas kunjungan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Gowa. termasuk atas seluruh bantuan yang diberikan, termasuk alat pertanian ini,” ujarnya.

Ia berharap, dengan bantuan alat pertanian dan benih tersebut akan sangat meningkatkan hasil tani bagi masyarakat Pattallassang. Bahkan diharapkan peningkatannya bisa mencapai 100 persen dari tahun sebelumnya.

“Ini bisa membantu kami mewujudkan Kecamatan Pattallassang sebagai penghasil padi terbaik di Gowa. Termasuk hasil pertanian lainnya,” katanya. (CH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *