Ini Harapan Adnan di Forum Konsultasi Publik

Gowa,Rewako.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, berharap Forum Konsultasi Publik terintegrasi dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

Hal itu disampaikan saat membuka Forum Konsultasi Fublik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Gowa 2020 dan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Gowa 2019, di Baruga Karaeng Galesong, Senin (18/3/2019).

Adnan menegaskan, penyusunan RKPD 2020 ini harus terintegrasi dengan program prioritas, dan sasaran Pemkab Gowa, sehingga dapat memperoleh komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan.

” Saya harap forum ini mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah maupun masyarakat Kabupaten Gowa secara tepat dan strategis. Dan melalui forum ini dapat menghimpun aspirasi-aspirasi masyarakat yang tentunya dapat terintegrasi dengan program prioritas Pemkab Gowa,” katanya.

Dijelaskan Adnan, saat ini para pimpinan SKPD harus mengubah paradigma dan pola yang selama ini digunakan. Misalnya dalam setiap kegiatan yang menggunakan audiense atau orang yang sama bisa digabungkan agar lebih efisien dan terukur.

“Dalam satu dinas/SKPD ada 3 bidang dengan isu yang berbeda namun menggunakan peserta yang sama gabungkan saja. Contoh Dinas PMD yang harus menghadirkan para kepala Desa per kegiatan, kenapa tidak digabungkan saja jadi satu kali mengundang bisa sosialisasikan tiga kegiatan sekaligus. Ini lebih fokus terukur dan efisien. Tahun depan jalankan seperti ini,” tegas Adnan.

Olehnya dirinya berharap, forum tersebut dapat dijadikan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara anggaran, pelaksanaan, dan pengawasan. Bahkan Adnan menghimbau semua pimpinan dan aparatur di perangkat daerah untuk selalu berpikiran terbuka dan memiliki visi kedepan yang lebih terintegratif, dan inovatif yang mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

“Diharapkan penyelenggaraan pembangunan di tahun 2020 ini akan lebih terarah, terukur, akuntabel dan menjawab isu-isu strategis yang ada,” harap orang nomor satu di Gowa itu.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara, Taufik Mursad, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu mekanisme dalam pelaksanaan Musrenbang dan rangkaian tahapan awal penyusunan RKPD 2020.

Ada sekitar 125 orang dari berbagai unsur pimpinan DPRD beserta anggota DPRD, satuan kerja perangkat daerah, organisasi profesi, LSM, dan masyarakat disabilitas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *