Ini Strategi Pemkab Gowa Pertahankan 7 Kali WTP

Gowa,Rewako.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerapkan NPWP cabang.Hal ini dilakukan untuk mengelola keuangan daerah dengan baik.

Berkat penerapan ini, Daerah berjuluk Gowa bersejarah ini kembali berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK sebanyak tujuh kali berturut-turut.

Prestasi ini sangat membanggakan, karena di Sulsel satu-satunya kabupaten yang mencatat sejarah memperoleh WTP sebanyak itu dengan predikat clean and clear atau tanpa catatan.

Sehingga, mengundang sejumlah daerah baik di Sulsel maupun dari luar menyempatkan berkunjung ke daerah berpenduduk sekitar 753 ribu jiwa itu, untuk melihat secara langsung implementasi tata kelola keuangan yang diterapkan termasuk PADnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gowa, Ismail Majid saat menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Kota Cirebon,Jabar menjelaskan, strategi yang dilakukan Pemkab Gowa dalam pengelolaan keuangan salah satunya dengan menerbitkan Perda NPWP Cabang pada 2018 lalu.

“Dengan adanya perda itu, maka dana bagi hasil yang diperoleh Gowa selama ini terbilang kecil bisa meningkat khususnya pada tiga universitas yang berlokasi di Gowa yakni, Unhas, UIN Alauddin dan Patria Artha yang mengelola anggaran mencapai trilyunan. Dimana selama ini hanya diperoleh dari upah PPN dan PPH dengan nilai Rp 6 milyar dari yang seharusnya Rp 600 milyar dengan pembagian 70 berbanding 30 persen untuk provinsi,” jelasnya.

Ketua Rombongan DPRD Cirebon, Yuliarso mengaku sangat tertarik dengan apa yang diterapkan Pemkab Gowa dalam pengelolaan keuangan guna meningkatkan PAD.

“Sangat menarik meskipun berbeda kultur kami akan coba terapkan ilmu yang didapat dari Gowa,” ujarnya. (MS Tarra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *