Tambah Libur Lebaran Tanpa Alasan Jelas, ASN Dapat Sanksi Tegas

GOWA,REWAKO.ID – Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Kr Kio mengintruksikan kepada seluruh pimpinan SKPD untuk tidak memberikan tambahan cuti bagi ASN.

Peringatan tersebut disampaikan melalui surat edaran tertanggal 28 Mei 2019 kemarin. “Jika ada ASN yang membandel dengan menambahkan libur lebaran maka akan diberikan sanksi tegas,”kata mantan Asisten I Pemkab Gowa itu.

Abdul Rauf Malaganni Krg Kio mengatakan bahwa tidak ada alasan bagi ASN untuk menambah libur lebaran kecuali dengan alasan penting misalnya berobat karena sakit, keluarga yang sakit meninggal atau menikah.

“Tentu bagi yang melanggar waktu libur atau cuti bersama lebaran akan ada sanksi tegas. Kita tidak akan main-main,” katanya, Rabu 29 Mei.

Orang nomor dua di Kabupaten Gowa ini mengingatkan bahwa ASN yang melanggar akan diberikan sanksi disiplin baik yang ringan bahkan disiplin berat jika melanggar aturan yang telah ditetapkan.

“Jika ASN tersebut sakit, harus ada surat sakit atau keterangan dokter. Jika tidak maka pihaknya menginstruksikan untuk diberikan sanksi disiplin,” imbuhnya.

Menurutnya, jadwal libur Lebaran yang ditetapkan pemerintah, sudah cukup panjang. Sehingga sangat tidak masuk akal jika ada pegawai yang ingin menambah libur lagi.

Sesuai edaran yang telah dikelurkan oleh Pemkab Gowa, maka cuti bersama lebaran tahun ini adalah tanggal 3, 4, dan 7 juni. Sedang hari libur nasional jatuh pada tanggal 5 dan 6 Juni.

Sementara hari Jumat tanggal 31 Mei, ASN tetap beraktivitas seperti biasa. Sedang pada tanggal 1 Juni yang merupakan peringatan hari lahirnya Pancasila, ASN juga diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera.

Penetapan libur besama ini lanjutnya, mengacu pada surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang ditindaklanjuti oleh Pemkab Gowa.

“Para ASN diminta kembali masuk berkantor pada tanggal 10 Juni 2018. Nanti pasti akan ada pemantauan tingkat kehadiran ASN di hari pertama kerja usai lbur panjang lebaran,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga mengimbau agar ASN lingkup Pemkab Gowa melaksanakan mudik dengan berhati-hati. Menyiapkan segala keperluan yang akan digunakan dan memeriksa semua kondisi kendaraan yang akan digunakan mudik.

“Barang-barang yang akan dibawa mudik diperhatikan baik-baik. Cek kendaraan sebelum digunakan dan sebelum meninggalkan rumah periksa segala hal yang dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.(Iksan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *