Aplikasi Isian Data hingga Akreditasi Posyandu Target Program PKK Gowa

Jumat, 04 Juni 2021 10:53

GOWA,REWAKO.ID – Tim Penggerak PKK Gowa akan meluncurkan Aplikasi Pengisian Data Posyandu. Rencana ini akan bekerja sama dengan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang merupakan koordinator penanganan stunting di Gowa.

Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, Priska Paramita Adnan menjelaskan, guna mendukung sistem kerja aplikasi, maka para kader posyandu akan mengikuti pelatihan menggunakan aplikasi tersebut l. Dengan aplikasi tersebut, hanya melalui Handphone maka para Kader dapat mengisi data posyandu melalui aplikasi tersebut.

“Aplikasi ini berguna agar bagaimana caranya para Kader Posyandu tidak perlu lagi pakai buku untuk melakukan pelayanan posyandu, jadi cukup modal handphone kita bisa mengisi data aplikasi yang ada di data sim posyandu khusus di Gowa,” kata Priska. Jumat (4/6/2021).

Priska bersama jajaran kedepan juga akan memberikan Akreditas pada Posyandu-Posyandu yang ada di Gowa. Nantinya akan ditentukan mana saja Posyandu yang termasuk Kategori Pratama, Madya dan Mandiri.

“Kita juga akan ada akreditasi posyandu, kita tentukan di posyandu kita ini apakah golongannya sudah termasuk posyandu pratama, madya, atau posyandu mandiri,” ujar Priska.

Lebih lanjut, Priska membeberkan,kedepannya Tim Penggerak PKK Gowa juga akan melatih kader-kader posyandu, karena pada prakteknya kader Posyandu dipilih oleh kepala desa dan ibu kepala desa yang terpilih, sehingga rentan untuk terganti. Dengan adanya pelatihan ini kata Priska para Kader Posyandu nantinya tidak gampang untuk berganti.

“Kedepannya kita juga akan melatih kader-kader Posyandu, karena pada prakteknya kader Posyandu itu dipilih oleh kepala desa dan ibu kepala desa yang terpilih, jadi pada saat ganti kepala desa ganti juga kadernya.

Hal itu menyulitkan karena kader-kader yang baru pun belum memiliki pengetahuan mendasar yang cukup untuk menjalankan Posyandu sehingga kita mau bikin regulasinya supaya tidak ada lagi kader-kader yang gampang tergantikan,” terang Priska.

Bagi para calon Kader Posyandu nantinya harus menjalani sejumlah tes tertentu dan harus memiliki ilmu serta keterampilan khusus untuk menjadi kader posyandu di Gowa.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri