Bahas RPJMD,  Pemkab Fokus Pembangunan 2021

Jumat, 30 April 2021 14:38

GOWA,REWAKO.ID – Kepala
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda) Gowa, Taufik Mursyad memaparkan sejumlah poin-poin yang merupakan fokus pembangunan daerah hingga lima tahun kedepan.

Penjabaran tersebut disampaikannya dalam Rapat Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2025, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa. Kamis (29/4/2021).

Untuk fokus pembangunan di tahun pertama yakni di 2021 ini Pemkab Gowa fokus diantaranya pada bidang Pendidikan, Kesehatan yang mencakup pembangunan RS Pratama. Kemudian bidang keagamaan mencakup pembangunan Rumah Tahfidz, 1 hafids 1 desa/kelurahan.

Sementara dalam bidang
Infrastruktur (pelayanan publik dan ekonomi) melingkupi Mall Pelayanan Publik (MPP) dan gerai rumah produktif, Pos Pelayanan Publik dan Rumah Produktif, Sirkuit Olahraga, Stadion Olahraga, Gedung Perpustakaan, Bumi Perkemahan, dan Kawasan Kuliner Malino. Juga di 2021 Pemkab Gowa fokus pada Pertanian dan UMKM.

“Kemudian pada fokus pembangunan daerah saja terkait persiapan pembangunan RS Pratama, keagamaan untuk rumah Tahfidz, kemudian satu Hafid satu desa, itu di tahun 2021. Di tahun 2022 juga ada beberapa program-program yang perlu dicermati,” kata Taufik.

Lanjutnya, bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki program prioritas yang dinilai perlu dimasukkan dalam fokus pembangunan, dipersilahkan.

“Untuk SKPD jika ada program prioritasnya yang masih perlu dimasukan dalam fokus pembangunan daerah dipersilahkan,” ujar Taufik.

Sebagai mana diketahui, seluruh tahapan ini harus selesai dalam waktu enam bulan sejak pelantikan kepala dan wakil kepala daerah terpilih, dengan begitu sangat dibutuhkan keterlibatan semua pihak penyusunan RPJMD tersebut.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri