Balitbang Gelar Seminar Kajian Pengembangan, Ini Tujuannya 

Jumat, 02 Oktober 2020 15:40

GOWA,REWAKO.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Gowa, Kamsinah membuka Seminar Hasil Kajian Pengembangan Sumber Daya Perikanan Berbasis Sumber Daya Alam yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Gowa, di Kantor Balitbang, Jumat (2/10/2020).

Kamsinah mengatakan, kegiatan ini sangat baik dilakukan dalam mengembangkan perikanan di Gowa dan dilakukan secara berkelanjutan agar dapat menjaga populasi sumber daya ikan.

“Konsep perikanan yang berkelanjutan muncul dari kesadaran lingkungan, dan perikanan berkelanjutan dikembangkan karena kecemasan akan makin merosotnya kemampuan lingkungan untuk menyangga ketersediaan sumber daya ikan, dapat mengangkat atau memanen pada tingkat berkelanjutan sehingga produksi ikan tidak menurun dan tersedia dari waktu ke waktu,” ungkapnya.

Selain itu, tujuan kajian ini kata Kamsinah yang juga menjabat Inspektur Inspektorat tersebut untuk menyusun strategi pengelolaan perikanan dan budaya berkelanjutan, sebagai dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai pembangunan dan peningkatan pemanfaatan sektor perikanan yang efektif.

“Melalui penelitian ini saya berharap kedepannya bisa ditingkatkan karena jika kita hanya mengikuti teori tanpa penelitian itu tidak akan berjalan lancar. Sekarang saatnya kita beralih ke teknologi yang mana bisa menghasilkan sektor pertanian. Mudah-mudahan hasil seminar ini bisa dikembangkan di Kabupaten Gowa,” harapnya.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Abd Salam mengatakan kajian ini akan berfokus pada potensi bidang budidaya penangkapan dan teknologi pasca panen, yang melibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M ) Universitas Hasanuddin Bidang Perikanan.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Bahar Brewok