Basarnas Buka Pelatihan SAR Daerah 2020

Rabu, 14 Oktober 2020 19:58

GOWA,REWAKO.ID – Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Brigjen TNI Marinir, Rasman membuka Latihan SAR Daerah 2020. Pelatihan dibuka di ruang Aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, Rabu (14/10/2020).

Dalam sambutannya, Rasman menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan tenaga tenaga rescue yang nantinya akan terlibat pada pelaksanan operasi pencarian dan pertolongan.

“Untuk itu perlu diselenggarakan Latihan Search and Rescue (SAR) Daerah agar mendapat hasil yang optimal dalam memberikan pertolongan pada kecelakaan pelayaran, kecelakaan penerbangan, bencana dan kondisi membahayakan manusia,” ungkapnya.

Rasman berpesan kepada para peserta agar dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan prosedur yang disampaikan oleh para instruktur sehingga dapat membawa manfaat maksimal baik untuk pribadi maupun organisasi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, Mustari selaku ketua panitia latihan sar daerah mengatakan bahwa kegiatan ini akan diadakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 14 – 16 Oktober 2020 yang bertempat di Ruang Aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar dan juga di KN SAR Kamajaya, Pelabuhan kargo Soekarno Hatta.

“Peserta latihan jangan mengabaikan protokol kesehatan saat proses latihan berlangsung, tetap gunakan masker dan menjaga jarak,” tutup Mustari.

Sebelumnya, sebagai salah satu syarat untuk diadakannya kegiatan adalah pelaksanaan rapid test bagi para peserta latihan yang terdiri dari DitPolair, KKP Makassar, VTS Makassar, Otoritas Pelabuhan M, Sar Unibos, Sar Pemuda, Siaga Ners Unhas, Pramuka Peduli Kwarda Sulsel, Makassar rescue, Sar UNM, Sar Unhas

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Memed