Basarnas Makassar Gelar Uji Pencarian dan Pertolongan, Ini Tujuannya

Rabu, 09 September 2020 14:54

MAKASSAR,REWAKO.ID – Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar menggelar uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, Rabu (9/9/2020).

Tujuannya untuk menerapkan standar operasional prosedur sesuai dengan undang undang nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan.

Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI Marinir Rasman mengatakan, operasi pencarian dan pertolongan akan berhasil jika di dukung oleh kemampuan memadai dari kepala kantor hingga staf pendukungnya.

“Maka dari itu Direktorat Operasi merasa perlu untuk menguji dan mengevaluasi pemenuhan personil dan ketersediaan sumber daya sebagai bahan rekomendasi penunjang operasi sar,”kata Rasman.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, Mustari mengatakan, kegiatan ini akan melibatkan sejumlah potensi.

“Pelaksanaan uji operasi pencarian dan pertolongan dilaksanakan selama 3 hari, mulai 9 hingga 11 September 2020 dan diikuti oleh 100 orang yg berasal dari instansi dan organisasi sar di Makassar,”turutnya.

Uji operasi pencarian dan pertolongan akan berlangsung sama seperti ketika terjadinya musibah atau kecelakaan di wilayah kerja kantor pencarian dan pertolongan makassar.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Memed