Begini Format Sekolah Tatap Muka New Normal di Tengah Covid-19 di Gowa 

Kamis, 27 Mei 2021 06:54

GOWA,REWAKO.ID – Dinas Pendidikan (Disdik) Gowa terus berupaya penyesuaikan penerapan sekolah tatap muka New Normal di masa Pandemi Covid-19 pada Juli 2021 mendatang.

Selain protokol kesehatan yang tengah dirampungkan, Dinas Pendidikan juga mengatur jam mengajar para guru. Polanya, jika setiap hari guru mengajar 4 jam maka pada penerapan tatap muka nantinya guru hanya bisa mengajar 2 jam. Ini konsekuensi dengan kompetensi dasar saat pengurangan jumlah jam dilakukan.

“Dipilih yang mana yang harus tetap diajarkan, mana yang tidak. Itu polanya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Dr Salam. Rabu (26/5/2021).

Lebih jauh kepada Rewako.id, Dr Salam menjabarkan meskipun belum finalisasi, sejumlah Pola tpembelajaran telah dipersiapkan, misalnya jika saat pembelajaran tatap muka nanti jumlah siswa dalam 1 kelas akan dibagi dua. Sehingga akan ada yang menjalani pembelajaran Daring, ada juga yang melakukan pembelajaran Luring atau offline secara bersamaan di jam yang sama.

“Jadi saat berlangsung pembelajaran tatap muka secara terbatas tadi, misalnya jika kelas 7 a offline, maka 7 b tetap daring. Karena keterbatasan IT tadi. Tapi ini belum finalisasi. Kita masih mencari pola terbaik,” ujar Salam.

Pola lain kata Salam dapat diberlakukan sistem pergantian hari. Dimana jika Siswa Sekolah Dasar kelas 1 hingga kelas 6, maka bisa saja hari senin hingga Rabu sekolah akan dihadiri siswa kelas 1 hingga kelas 3. Dan kelas 4 hingga kelas enam akan menghadiri sekolah di hari Kamis dan Sabtu.

“Kalau SD itu kelas 1 sampai 6. Bisa jadi masuk dulu kelas 1,2,3 Senin sampai Rabu. Kelas 4,5,6 masuk Kamis sampai Sabtu. Kita sekarang menjadi model apakah modelnya seperti itu atau pengurangan jumlah jam,” jelas Salam.

Yang pasti kata Salam, guru diupayakan tidak mengalami penambahan jam mengajar. Mengingat ada aturan yang mengatur jam mengajar guru yang minimal 24 jam.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri