Beredar Isu Pungutan di Pemakaman Covid-19, Begini Tanggapan Padal Posko Macanda

Minggu, 21 Maret 2021 14:48

GOWA,REWAKO.ID – Beredarnya informasi terkait adanya pungutan saat ziarah di Pemakaman Covid-19, di Jl Macanda, Gowa. Isu tersebut dibantah oleh petugas pengamanan Posko Macanda.

Perwira Pengendali Posko Pemakaman Macanda Ipda Sugiyatno mengatakan, hingga saat ini pihaknya tidak pernah menerima biaya apapun dari para peziarah.

Ipda Sugiatno mengatakan, dirinya bersama petugas lainnya enggan menerima sepeserpun ketika ada keluarga korban Covid yang hendak memberikan secara sukarela.

“Selama ini saya bertugas empat bulan di sini kembali lagi satu bulan ini tidak pernah ada pungli, meski ada yang memberi tapi kita tolak,” kata Ipda Sugiatno saat ditemui di Posko Covid-19 di Jalan Macanda.

Ipda Sugiatno juga mengatakan  pihaknya mengizinkan hanya sebagai bentuk kemanusiaan terhadap sesama yang tengah berduka. Mengingat, peziarah yang datang pun juga dari daerah yang cukup jauh.

“Ada petugas di sini pernah dikasi uang tapi ditolak. Kita utamakan kemanusiaan, kan sudah orang meninggal masa kita izinkan, tapi kita izinkan hanya sampai depan tidak sampai masuk,”ujarnya.

Terkait surat edaran, Ipda Sugiatno hingga kini belum mengetahui seperti apa langkah selanjutnya, sembari menunggu kepastian dari Satgas Covid-19.

“Kita hanya mengetahui surat edaran melalui Medsos tapi resminya kita belum tahu karena belum rapat dengan tim gugus tugas,” terangnya.

“Jadi belum ada izin belum bisa tunggu juga dari edaran dari gubernur,” imbuhnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri