BPCB akan Rehabilitasi Situs Sejarah Bungung Lompoa di Gowa

Rabu, 17 Maret 2021 18:31

GOWA,REWAKO.ID – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulsel akan melakukan rehabilitasi terhadap salah satu situs bersejarah yang ada di Gowa Bungung Lompo (Sumur Kebesaran).

Rehabilitasi Bungung Lompo akan dilakukan tahun ini dengan melakukan beberapa perbaikan dan renovasi sehingga sumur kebesaran ini bisa terlihat indah dan bagus.

Farida Arsil dari BPCB Sulsel mengungkapkan jika pihaknya sudah meninjau langsung kondisi sumur tersebut.

Dari hasil kajian dilapangan, pihaknya akan meninggikan pondasi dan lantai sumur sehingga air kotor tidak masuk lagi kedalam sumur.

“Untuk renovasinya akan dilakukan dalam waktu dekat, sudah dianggarkan dan akan dilakukan peninggian pada pondasi sumur,” ujarnya Rabu (17/3/2021).

Farida menjelaskan, bahwa BPCB sulsel sudah menganggarkan sebesar Rp10jt untuk merenovasi pondasi dan pembangunan drainase disekitar sumur tersebut.

Selain itu, akan dilakukan pengerukan air sumur,sehingga air sumur kembali jernih dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

Pihak BPCB sulsel sendiri menargetkan pembangunan renovasi Bungung Lompo akan selesai dalam jangka waktu 10 hari. Dengan adanya perbaikan ini, Bungung Lompo bisa menjadi destinasi wisata di Gowa.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Ahmad