Budidaya Porang, Program Ketahanan Pangan Kodim 1409 Gowa

Rabu, 31 Maret 2021 20:24

GOWA,REWAKO.ID – Program Ketahanan Pangan di Seluruh Wilayah di Indonesia khususnya di Kabupaten Gowa hingga saat ini menjadi komitmen TNI AD.

Dandim 1409 Gowa, Letkol Arhanud Muh Suaib saat ditemui menjelaskan jika Program Ketahanan Pangan setiap Tahunnya selalu dilakukan, mengingat program ini menjadi bagian dari ketahanan nasional.

“Jadi setiap tahun disediakan lokasi percontohan untuk program ini, karena memang ketahanan pangan juga bagian dari program ketahanan nasional,” kata Letkol Arhanud Muh Suaib.

Bahkan untuk mendukung suksesnya program ini, telah disediakan lokasi percontohan di setiap daerah.

“Untuk di Kabupaten Gowa sendiri, Pemerintah bersama dengan TNI AD dalam hal ini Kodim 1409 membudidayakan komoditi Padi dan juga Jagung tepatnya di wilayah Kecamatan Bontonompo,” terang Dandim Gowa.

Dandim Gowa juga menjelaskan jika saat ini pihaknya tengah mencoba budidaya Tanaman Porang.

Tanaman Porang sendiri merupakan tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Di beberapa daerah di Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles.

Dia memgatakan, porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan lainnya.

Karena prospeknya yang cukup bagus inilah, sehingga pihaknya kini telah membudidayakan tanaman Porang di wilayah Pallangga diatas lahan kurang dari 1 hektare.

“Jika pada saat panen nanti hasilnya cukup bagus, Letkol Arhanud Suaib akan mempertimbangkan untuk membudidayakannya kembali. Sekaligus mengajak masyarakat belajar menanam komoditi tersebut,” demikian Dandim Gowa.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri