Bupati Adnan Ajak Fakultas Teknik dan Hukum Unhas Majukan Gowa

Rabu, 10 Februari 2021 19:11

GOWA,REWAKO.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima audiens jajaran Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (9/2).

Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof Muhammad Arsyad mengatakan kedatangannya menemui Bupati Gowa untuk membahas hal-hal yang bisa dikerjasamakan dalam rangka mendukung pembangunan di Gowa.

“Kita mau bagaimana Fakultas Teknik ini bisa berperan aktif dan berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Gowa. Apalagi lokasi kita di Kabupaten Gowa,” kata Prof Muh Arsyad.

Prof Muh Arsyad menyebutkan bahwa Fakultas Teknik Unhas punya Sumber Daya Manusia (SDM), Laboratorium, Riset yang bisa mendukung pembangunan di Gowa.

Selain itu, pada kesempatan ini, Prof Muh Arsyad juga melaporkan terkait progres peralihan Fakultas Teknik Unhas menjadi Institute Teknologi. Menurutnya saat ini sudah ada tim yang dibentuk dan sudah bekerja agar bisa terealisasi dalam waktu tidak terlalu lama.

“Ini tentu akan menjadi lebih mengakselerasi pembangunan SDM dan teknologi di kawasan timur. Supaya kawasan timur ini tidak terlalu ketinggalan dengan SDM Teknik dan pengembangan teknologinya,” tambahnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Adnan menyambut baik progres peralihan Fakultas Teknik Unhas menuju Institute Teknologi. Dirinya menilai bahwa Fakultas Teknik ini memang tidak bisa lagi setingkat fakultas tapi harus naik level.

“Tentu ini juga akan menjadi Kebanggaan Kabupaten Gowa jika ini menjadi Institute Teknologi,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Adnan juga menyambut baik tawaran kerja sama Fakultas Teknik Unhas. Dirinya juga berharap Fakultas Teknik yang berda di Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa ini bisa berkontribusi dan berpartisipasi dalam pembangunan Kabupaten Gowa.

Apalagi kata orang nomor satu di Gowa ini bahwa banyak program-progran prioritas Kabupaten Gowa yang bisa dikerjakan samakan, seperti di bidang infrastruktur, pendidikan yaitu investasi pendidikan seperempat abad.

“Saya berharap ada SDM yang bisa melakukan riset dan inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Unhas yang bisa di kerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Gowa,” kata Adnan.

Adnan juga berharap SDM mahasiswa teknik khusus yang berasal dari Kabupaten Gowa bisa berkontribusi membangun Kabupaten Gowa. Misalnya mengadakan kuliah kerja nyata (KKN), magang di Kabupaten Gowa dan membuat desa dan kelurahan binaan.

Begitupun dengan penanganan banjir di Kabupaten Gowa. Bupati Adnan dirinya meminta ada kerjasama untuk melakukan kajian tahap-tahap penangangan banjir di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kami berharap kedepan komunikasi dan kerjasama bisa kita gagas mulai dari sekarang. Saya juga berharap kita bisa membangun Gowa yang lebih baik di masa yang akan datang,” harapnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Farida Patittingi dan jajar Wakil Dekan Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum Unhas.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Bahar Brewok