Bupati Adnan: Gowa Siap Bersinergi Dalam Pengolahan Sampah Regional

Selasa, 23 Maret 2021 11:30

GOWA,REWAKO.ID – Masalah sampah menjadi masalah bersama, sehingga menjadi isu penting. apalagi saat ini peningkatan volume sampah dari waktu ke waktu semakin meningkat.

Bupati Gowa Adnan Puritha IYL mengatakan, saat ini sudah perlu sinergitas tata kelola PPA dikawasan strategis di kawasan maminasata.

Menurut Adnan  sinergitas ini penting, karena sudah banyak investor yang masuk untuk mengelola sampah, hanya saja tidak bisa memenuhi kuota jika hanya satu daerah.

Adnan menegaskan, jika pemkab gowa sudah siap jika dijadikan pusat PPA regional,termasuk lokasi. Pihaknya sudah menyiapkan pattalasang sebagai kawasan terpadu dan bisnis dimasa depan.

“Persoalan sampah harus dipikirkan bersama, dan perlu duduk bersama untuk merumuskan solusi masalah sampah,karena kedepannya kawasan maminasata akan menjadi kawasan strategis,”tutur orang nomor satu di Gowa, Selasa (23/3/2021).

Bupati dua periode ini jadi pembicara dalam dialog interaktif
sinergi kepala daerah dalam pengelolan sampah di kawasan strategis nasional mamminasata Sinergi Kepala Daerah Pengelolaan Di Kawasan Strategi Nasional Maminasta.

Dalam pemaparannya, Adnan juga menilai perlunya edukasi bagi masyarakat dalam penanganan sampah.

Menurutnya perilaku masyarakat sangat penting terutama dalam membuang sampah. karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Sedang dalam penelitian Walhi, terungkap jika persepsi publik dalam kinerja pemerintah dikawasan semamminasata masih rendah.

Sementara, jumlah penduduk semammisata sekita 2,7 Juta jiwa dengan 400 responden.

Temuan WALHI 45% menilai jika pemerintah kurang maksimal dalam penanganan sampah.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Ahmad