Connect with us

POLITIK

Bupati Gowa Minta Warga Komitmen Tolak Politik Uang

Published

on

GOWA,REWAKO.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Apel Siaga Patroli Pengawasan Anti Politik Uang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, digelar Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Gowa, di Lapangan Istana Museum Balla Lompoa.

Apel yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi dihadiri seluruh unsur, mulai dari seluruh pengawas KPU, Bawaslu, KPPS ditingkat kecamatan, polri, TNI dan Satpol PP.

Bupati Adnan mengatakan, seluruh penyelenggara pemilu adalah garda terdepan dalam melakukan pengawasan terkait suasana politik yang terjadi, utamanya menjelang pemilihan.

“Kurang lima hari lagi masyarakat Indonesia khususnya di Gowa akan merayakan pesta demokrasi serentak melalui pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan anggota legislatif. Jelang pelaksanaan kami harap seluruh penyelenggara harus mulai memperketat pengawasan,” katanya, Jumat (12/4).

Termasuk mengawasi kecurangan-kecurangan yang rawan terjadi jelang pemilihan seperti politik uang. Karena kesuksesan pemilu bergantung bagaimana para penyelenggara pemilu bekerja. Jika penyelenggara pemilu mampu berintegritas dan menjaga tugas dan tanggungjawab masing-masing maka dipastikan suasana pemilu termasuk di Gowa akan berjalan dengan baik, lancar dan sesuai harapan bersama.

Ia pun meminta agar seluruh masyarakat membangun komitmen, presepsi dan kesadaran bersama bahwa politik uang tidak masuk dalam kamus untuk mensejahterakan masyarakat lima tahun kedepan.

“Komitmen kita bersama untuk menolak politik uang adalah sesuatu yang harus diimplementasikan. Masyarakat Gowa harus bisa mengantisipasi dan meminimalisir bahkan menghilangkan politik uang di Gowa,” ujarnya.

Penolakan politik uang ini juga untuk meciptakan pemimpin baik presiden maupun calon legislatif yang bersih, amanah dan adil, karena tidak ada kecurangan yang ditimbulkan. Dengan mewujudkan hal ini, maka pada 17 April 2019 mendatang pemimpin dan wakil rakyat kita yang terpilih adalah betul-betul harapan dan impian rakyat secara menyeluruh.

Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menegakkan komitmen bersama dalam melawan politik uang. Mari menyukseskan Pemilu Serentak 2019 di Gowa ini.

“Gowa harus bisa menjadi contoh daerah di Sulsel bahkan di Indonesia yang suasana pemilihannya berjalan baik, lancar dan adil,” tegas mantan Anggota DPRD Sulsel ini.

Sementara, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Muhammad mengaku sangat mengapresiasi sinergitas Bupati Gowa dalam menyukseskan Pemilu 2019 ini. Mulai dari mendorong netralitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemkab Gowa hingga menjaga keamanan jelang pemilu.

“Kami harapkan dengan sinergitas yang dibangun Bapak Adnan ini mampu mengeluarkan Gowa sebagai zona rawan pada pemilu yang tinggal menghitung hari ini,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa komponen penting yang sepatunya didorong dalam mewujudkan pemilihan umum dengan baik, jujur dan adil. Seperti pemilih harus cerdas, birokrasi netral, sinergitas pimpinan daerah, dan penyelenggara pemilu yang berintegritas.

Apel siaga dengan mengangkat tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” juga dirangkaikan dengan penandatanganan Deklarasi Anti Politik Uang yang Bupati Gowa, Pimpinan Forkopimda, dan para penyelenggara Pemilu 2019. Selain itu Bupati Adnan juga mengecek langsung seluruh logistik yang akan digunakan pada pemilu nanti di Gowa. (*)

POLITIK

PAN Sulsel Dukung Penuh Adnan di Pilkada Gowa 2020

Published

on

GOWA,REWAKO.ID – Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan dukungan terhadap petahana, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo di Pilkada 2020 mendatang.

Dukungan dilakukan berdasarkan kajian matang dari beragam variabel indikator pembangunan di Gowa. Sehingga, PAN menyimpulkan kinerja pasangan Adnan-Kio dinilai sukses membangun Gowa.

“PAN mendukung berdasarkan analisa yang matang, selain faktor survei dari lembaga yang teruji, suara masyarakat Gowa juga menjadi sebuah pertimbangan yang matang,”kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional ( DPW PAN ) Sulsel H.Ashabul Kahfi tadi siang di Planet Beckham Pallangga Gowa.

Ashabul mengatakan, setelah dicek, suara rakyat Gowa dan bukti kinerja yang dipersembahkan Bupati dan Wakil Bupati memang sukses membangun Gowa, maka PAN total mendukung petahana.

Kehadiran Legislator Senayan dari Komisi IX ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan resesnya di Sulsel.

“Dukungan resmi DPP PAN akan diserahkan langsung Pak Ketua Umum Zulkifli Hasan kepada Bupati Gowa,”ujarnya.

Ashabul Kahfi. Rekomendasi DPP PAN Gowa ini akan diserahkan di Jakarta pekan depan.

“Kami ada acara tertutup dan hanya dihadiri beberapa pengurus inti DPP PAN pekan depan, kami sudah sampaikan Bupati Gowa untuk berkenan hadir,”kata mantan Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Ketua DPW PAN Sulsel dibenarkan Usman Lonta, salah satu legislator PAN Sulsel.Menurutnya,pihaknya sedang intens membangun komunikasi dengan Bupati Gowa terkait penyerahan Rekomendasi partai ke Incumbent.

“DPP PAN akhir bulan ini sudah mengagendakan penyerahan Rekomendasi dukungan ke Pasangan Adnan-Kio,”ujarnya.
Usman Lonta ketika mendampingi Ashabul Kahfi tadi siang (16/3).

Instruksi partai jelas seluruh kader diarahkan untuk total bergerak memenangkan Pak Adnan di Gowa.

“Bersama seluruh laporan masyarakat Gowa, seluruh kader PAN diharapkan menjadi garda terdepan memenangkan pasangan Adnan-Kio”.Kunci ashabul Kahfi.
( Yusrizal Kamaruddin )

Continue Reading

POLITIK

Reses Anggota DPR RI, Haruna Sampaikan ini ke Warga Gowa

Published

on

GOWA,REWAKO.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, H Haruna melakukan reses 2020 di Kabupaten Gowa, pada Sabtu (14/3/2020).

Sejumlah hal disampaikan anggota Komisi IX ini saat menemui konstituennya di Sekretariat Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC-PKB) Gowa, Jl Malino, di Butta Bersejarah ini.

Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) wilayah Selatan Sulsel ini diterima oleh Ketua DPC-PKB Gowa, Abd Hafid Latif, Ketua Dewan Suro DPC-PKB, dan anggota DPRD Gowa, Haniah Hafid.

Haruna mengatakan, siap menampung aspirasi konstituennya di wilayah Selatan, khususnya di Gowa. Dia berjanji akan memperjuangkan pendidikan, ketenagakerjaan dan keagamaan di daerah selatan Sulsel, khususnya di Gowa.

“Insya Allah akan kami perjuangkan pendidikan, keagamaan dan ketenagakerjaan di wilayah Selatan ini,”kata Haruna, dihadapan konstituennya, di Kecamatan Somba Opu.

Dalam reses kali ini, Haruna memberikan bantuan sebanyak 100 buah kursi kepada DPC-PKB Gowa. Bantuan itu mendapat aspirasi kepada pengurus dan Kader DPC-PKB.

Ketua DPC-PKB Gowa, H Hafid Latif menyampaikan terima kasihnya kepada anggota DPR RI, Haruna atas bantuan kursinya kepada DPC-PKB Gowa.

“Saya berterima kasih atas bantuan kursi. Ini sangat membantu para pengurus dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian,”pungkasnya.

Continue Reading

POLITIK

Besok, PAN Mulai Buka Penjaringan Balon Bupati & Wakil Bupati Gowa

Published

on

GOWA,REWAKO.ID – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Gowa, mulai membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati periode 2021-2026, Rabu (2/10/2019).

Penjaringan balon bupati dan wakil bupati tersebut, dipusatkan di Sekretariat DPD PAN Gowa, Andi andi Tonro, Kecamatan Somba Opu, mulai 3 Oktober 2019.

“Iya, mulai hari ini kami buka penjaringan selama sebulan. Silakan bagi figur terbaik Gowa untuk mendaftar,” kata Ketua penjaringan bakal calon PAN Gowa, Yos Rizal Kamaruddin , kepada wartawan, Rabu siang.

Yos Rozal menambahkan, pendaftaran balon bupati tersebut, terbuka bagi kader internal, maupun eksternal PAN

Pendaftaran tersebut, kata dia, untuk membuktikan keseriusan bagi balon yang hendak membangun Gowa lewat kursi bupati dan wakil bupati.

“Kriteria secara khusus balon bupatinya belum, yang jelas bisa se-visi dengan platform PAN,” ujarnya.

Namun yang pasti, kata dia, balon bupati usungan PAN, ketika terpilih siap berkhidmat untuk masyarakat Gowa.

Sekadar diketahui, tiga mengontrol dua kursi di DPRD Gowa periode 2019-2024.Tiga kursi tersebut, ditempati kader PAN, Taufik Dapil I, Yana Dapil 6, Husnia Dapil 5.

Artinya, jika ingin mengusung kandidat sendiri, PAN masih membutuhkan tambahan 6 kursi.

Syarat mengusung kandidat di Pilkada Gowa lewat jalur parpol, minimal mengantongi 9 kursi di DPRD Gowa.

Tim sembilan penjaringan balon bupati dan wakil bupati dari PAN yakni, Yos Rizal Kamaruddin (Ketua), Mustakir M Saleh (Sekretaris), Haji Jufri (Bendahara), Arifin Idris (anggota).

Sekretaris penjaringan Mustakir M Saleh mengatakan, tim penjaringan ini hanya sebatas menjaring bakal calon. Kata dia, bakal calon yang sudah mendaftar selanjutnya akan diserahkan ke DPW PAN dan DPP PAN yang nantinya diseleksi.

“Yang menentukan bakal calon yang akan diusung bakal calon kewenangan DPP PAN,”pungkasnya.

Continue Reading

Populer