Bupati Gowa: PDAM se Sulsel Harus Jamin Kebutuhan Air Masyarakat

Jumat, 09 Juli 2021 14:51

GOWA,REWAKO.ID –  Bupati Gowa, Adnan Purichta meminta kepada PDAM se Sulsel agar dapat menjamin ketersediaan kebutuhan air bagi masyarakat. Hal ini disampaikan saat membuka secara Workshop bidang teknik Persatuan Perusahaan Air Minum (Perpamsi) Sulsel virtual di Gedung PKK Gowa, Jumat (9/7/2021)

Bupati Adnan mengaku sangat konsisten bahwa untuk menjamin kelangsungan air di masa yang akan datang, maka kewajiban kita semua untuk senantiasa menjaga alam dan lingkungan tetap lestari.

“Kita selalu konsisten untuk menjaga lingkungan guna keberlangsungan air di masa yang akan datang,” kata Bupati Adnan.

Kedepan kata Bupati Adnan, PDAM melalui Perpamsi dituntut untuk lebih maju, sehat mandiri dan profesional, untuk mencapai hal tersebut maka sudah tepatlah kegiatan workshop ini.

“Seluruh PDAM melalui Perpamsi dituntut memang untuk lebih maju dan profesional, sehingga kegiatan ini sudah tepat dilaksanakan,” terang Adnan.

Selain itu PDAM sebagai perusahaan milik daerah mempunyai tanggungjawab sosial dan Profit, tidak terlalu membebani daerah masing-masing, bahkan dengan pengelolaan yang baik PDAM bisa mendapatkan profit sehingga mampu memberikan kontribusi PAD bagi pemerintah daerah.

Bupati Adnan yakin jika kedepan seluruh PDAM di Sulawesi Selatan terdorong bisa maju dan sehat bersaing dengan PDAM-PDAM besar yang ada di Sulsel.

Sementara itu, Ketua Perpamsi Sulawesi Selatan, Hasanuddin Kamal menjelaskan, Kegiatan workshop bidang teknik menjadi latihan bagi perwakilan dari pegawai PDAM se Sulsel terkait teknik pengelolaan air dan pendistribusian air.

Kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta ini diharapkan bisa menguasai pengoperasian air di daerah masing-masing.

“Dengan selesainya pelatihan ini maka mereka bisa lebih menguasai bagaimana pengoperasian air di daerah masing-masing sehingga pelayanannya bisa lancar, sarana produksi bisa terjaga,” ujar Hasanuddin.

Kedepan PDAM Sulsel akan mengambil peran aktif terhadap penjagaan lingkungan agar ketersediaan sumber air baku di Gowa dapat terjamin.

“Sejalan dengan bupati bahwa PDAM se Sulsel akan mengambil peran aktif terhadap penjagaan lingkungan sehingga apa yang diharapkan dalam ketersediaan sumber air baku bisa terjamin sampai ke generasi mendatang,” katanya.

Sementara, ketersediaan air bersih di Gowa sudah melayani 48 persen di wilayah khususnya di dataran rendah dan Tinggimoncong, Parangloe juga Tompobulu.

“Ini cukup bagus apalagi setelah kita membangun instalasi di Borongloe dan saat ini kita dalam proses tender pembangunan tambahan untuk kapasitas di Barombong dan akan mendatangkan lagi IPA Regional Mamminasata,” demikian Bupati Adnan.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri