Curah Hujan Tinggi di Hulu Sungai Jeneberang, BBWS Jeneberang Buka Pintu Spillway Bendungan Bili-bili

Jumat, 02 April 2021 13:11

GOWA,REWAKO.ID – Tingginya intensitas hujan sejak Rabu (31/3) lalu, hingga Jumat (2/3) pagi hari ini, mengakibatkan elevasi di sungai Jeneberang mencapai 99.60 Mdpl tepat pada pukul 08:00 Wita.

Kepala Balai BBWS Pompengan Jeneberang, Adenan Rasyid mengatakan pihaknya harus membuka pintu spillway Bendungan Bili-bili.

“Karena memang tingginya curah hujan di hulu Sungai Jeneberang dan Hulu Sungai Jenelata sejak hari Rabu kemarin, mengakibatkan juga meningkatnya elevasi waduk Bili-bili. Sehingga kita lakukan pembukaan pintu Spillway,” kata Adenan. Jumat (2/4/2021).

Dirinya berharap agar masyarakat menghindari wilayah hilir sungai. Dan tidak melakukan aktifitas apapun di sekitar sungai.

“Kami harapkan masyarakat di hilir sungai Jenebrang khususnya sempadan sungai Jeneberang hilir agar dapat menghindar dari lokasi sempadan sungai,” kata Adenan.

Untuk elevasi waduk saat ini menunjukkan angka 99.60 masih normal. Sementara, berdasarkan prakiraan cuaca hari ini masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan bahkan di K Gowa.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri