Curah Hujan Tinggi, Pintu Spillway Bendungan Bili-bili Dibuka 2 Meter

Rabu, 10 Maret 2021 12:13

GOWA,REWAKO.ID – Elevasi Waduk Bili-bili l, di Kecamatan Parangloe per pukul 11.00 Wita telah melampaui batas Normal yakni 101.04 Mdpl.

Hal ini dikarenakan curah hujan yang tinggi di Gowa dua hari belakangan.

Meningkatnya volume Waduk Bili-bili ini sehingga pintu spillway (pintu pelimpah) air bendungan dibuka setinggi 200 cm atau 2 meter.

Kapolsek Parangloe Iptu Kasmawati yang dikonfirmasi menjelaskan kondisi Bili-bili saat ini belum dalam status Waspada, meskipun memang sudah dalam diatas normal.

“Untuk saat ini, status waspada hanya di elevasi air sungai Jeneberangnya,” ujar Iptu Kasmawati saat dikonfirmasi disela-sela pemantauannya. Rabu (10/3/2021)

Terpisah, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), Adenan Rasyid mengatakan dari pembukaan pintu spillway tersebut sebanyak 200³ meter kubik air yang keluar dari pintu pelimpahan. Sehingga diharapkan, masyarakat untuk tidak berktifitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Jeneberang.

“Karena sudah melewati batas normal, jadi air itu melintas sendiri di pintu spillway, makanya kami imbau masyarakat jangan melakukan aktifitas apapun di DAS Jeneberang,” imbau Adenan.

Diketahui, kondisi elevasi saat ini Bendungan Bili-bili 100.12 Mdpl (vol = 268,538 juta m3).(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri