Damkar Gowa Tegaskan Gedung Pelayanan Publik Wajib Miliki Sistem Proteksi Kebakaran

Rabu, 02 Juni 2021 16:24

GOWA,REWAKO.ID – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Gowa menegaskan kepada masyarakat dunia usaha maupun non dunia usaha bagi yang memiliki bangunan publik agar kiranya dilengkapi dengan alat-alat proteksi kebakaran. Terutama rumah makan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Damkar Gowa, Mustamin Raga pasca peristiwa kebakaran di Salah satu rumah makan di  Gowa pada Senin malam.

“Jadi tugas-tugas kami di dinas kebakaran itu selain penanggulangan memang ada pencegahan. Lalu dari sisi partisipasi masyarakat baik masyarakat dunia usaha maupun non dunia usaha sebenarnya sudah diatur. Bagaimana sebuah bangunan publik dilengkapi dengan alat-alat proteksi kebakaran. Terutama rumah makan,” kata Mustamin saat dikonfirmasi Selasa (1/5/2021).

Mustamin juga menjelaskan jika Kabupaten Gowa saat ini telah memiliki Peraturan Bupati Gowa nomor 41 tahun 2018 tentang pedoman teknis sistem proteksi kebakaran gedung. Dimana yang dimaksud sistem proteksi kebakaran, maka bukan hanya alat tetapi juga ada orang yang berperan didalamnya.

“Jadi rumah makan itu termasuk gedung. Dalam perda kita yang lain nomor 4 tahun 2014 tentang bangunan gedung RM itu masuk dalam gedung publik yang harus dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran. Kalau kita bicara tentang sistem proteksi kebakaran, maka bukan hanya alat tetapi juga ada orang juga yang berperan,” terang Mustamin.

Lebih lanjut Mustamin menuturkan, selain alat proteksi kebakaran seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR), tentu sebuah bangunan publik harus juga memiliki satu pegawai yang telah dilatih oleh Dinas Damkar untuk ahli menggunakan alat tersebut.

“Alat harus disediakan dan orang harus ditunjuk atau dibentuk untuk menggunakan alat tersebut,” ujarnya.

Berkaitan dengan itu sebagai instansi pemerintah yang membina masyarakat dalam hal proteksi kebakaran, Damkar Gowa senantiasa Door to door.

Damkar Gowa memiliki enam petugas yang tergabung dalam 1 tim Pencegahan Kebakaran Damkar Gowa yang setiap hari dari pintu ke pintu memberikan edukasi memeriksa kesiapsiagaan dan menyarankan hal-hal apa saja yang harus dilakukan.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri