Dari Kunjungan Menko PMK, Andi Sudirman Puji Inovasi Bendera Saskia Bantaeng

Rabu, 03 Maret 2021 02:31

BANTAENG,REWAKO.ID – Melanjutkan kunjungan kerjanya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy, bertatap muka bersama perwakilan masyarakat.

Didampingi Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, dialog bersama tenaga posyandu, ibu hamil dan ibu beserta anak, di Pokja Desa Sehat, Desa Bonto Tiro, Kecamatan Sinoa, Kabupaten Bantaeng.

Aspirasi masyarakat ditampung. Salah satunya mengenai sarana dan prasarana penunjang tenaga di posyandu. Menko PMK dan Plt Gubernur pun tertarik dengan Inovasi Saskia (Satu Bendera Satu Sasaran Kesehatan Ibu dan Anak) merupakan bendera penanda pada kesehatan ibu dan anak yang dilakukan Puskesmas Sinoa.

Usai berdialog dengan warga, rombongan menuju Public Safety Center (PSC) 119 Bantaeng. Di sana, Muhadjir Effendy dan Andi Sudirman didampingi Bupati Bantaeng meninjau fasilitas yang ada di PSC 119 Bantaeng.

Salah satunya kendaraan Brigade Siaga Bencana (BSB). Ambulans ini sistem jemput bola, yang didalamnya dilengkapi peralatan kesehatan beserta dokter dan perawat.

Di sana terlihat bagan jumlah pelayanan kesehatan yang dilayani di PSC 119 Bantaeng per Januari-Desember 2020 mencapai 4.522 pelayanan.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyampaikan pula langkah Bantaeng menghadirkan Wisata Covid-19. “Pusat karantina terpadu ini kami siapkan di Hotel Marina. Mengcover tiga kabupaten, yakni Bantaeng, Bulukumba, Jeneponto,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi dan memuji berbagai inovasi Pemkab Bantaeng, khususnya bidang kesehatan.

“Tentu kami apresiasi atas inovasi Pemkab Bantaeng. Apalagi inovasi Bendera Saskia, jadi bisa memantau ibu hamil, sehingga mencegah resiko,” imbuhnya.

Dirinya pun mendorong pemerintah kabupaten/kota lainnya untuk terus berinovasi menghadirkan pelayanan yang memudahkan dan mendekatkan untuk masyarakat. (*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Ahmad