DPRD Sidak Pabrik Kecap di Mangalli, Ini Ditemukan

Jumat, 23 April 2021 13:38

GOWA,REWAKO.ID -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gowa melakukan inspeksi mendadak pabrik kecap, di Keluruhan Mangalli Kecamatan Palangga, Kamis (22/4/2021).

Sidak ini dilakukan karena adanya laporan masyarakat terkait aktivitas produsen kecap tersebut.

Para anggota DPRD yang tergabung dalam LKPJ tersebut langsung melakukan pengecekan di pabrik produsen kecap dan sambal tersebut. Pantauan di dalam pabrik tersebut, bahan-bahan untuk produksi terlihat tidak higenis.

Selaian tidak ditempatkan secara rapi dan layak karena dibiarkan berserakan, juga di kerumuni lalat dan serangga lainnya. Belum lagi kondisi bau busuk yang cukup menyengat didalam pabrik tersebut.

Selain melihat kondisi pabrik dan proses produksi, para anggota DPRD juga melihat sistem pembuangan limpah pabrik,yang ternyata masih menggunakan cara tradisional dan manual.

Anggota DPRD Gowa, Nasuddin Sitakka, yang memimpin sidak tersebut mengatakan jika pihaknya meminta pengelola pabrik untuk lebih memperhatikan soal higenis produksinya.

“Jadi kita melihat proses produksi, dan pembungan limbah, dan kita minta pengelola untuk memperhatikan dan meningkatkan kebersihan dan menjaga higenis produksinya,jika himbauan ini tidak diindahkan pihaknya akan kembali memanggil pengelola,” ujarnya.

Adanya hasil temuan sidak ini, pihak DPRD meminta pengelola untuk sementara menghentikan produksinya sambil melakukan pembenahan terhadap proses produksinya agar lebih higenis.

Pihak DPRD juga akan menyampaikan hasil sidak ini kepada instansi terkait untuk diambil tindakan.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Ahmad