dr Gaffar: Varian Baru Covid 19 Kapanpun Bisa Tembus Sulsel

Kamis, 17 Juni 2021 17:56

GOWA, REWAKO.ID – Kasus Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia semakin melonjak. Diperparah lagi dengan masuknya virus baru Corona, varian Delta B1617.2. asal india yang proses penularannya lebih cepat.

Juru Bicara tim gugus tugas Covid-19, Gowa, dr Gaffar kepada Rewako.id mengatakan, kapan saja varian baru tersebut masuk ke Sulawesi Selatan bahkan di Gowa, tetapi belum diidentifikasi secara spesifik.

Lanjutnya, varian apapun itu baik yang terindikasi akan dilakukan pemeriksaan melalui laboratorium yang terintegrasi dengan kementerian kesehatan (Kemenkes).

“Bisa saja ada tetapi belum diidentifikasi secara spesifik, tapi saya yakin semua varian baru apalagi yang terindikasi pasti diperiksa oleh laboratorium yang terintegrasi dengan kementerian kesehatan,”kata dr Gaffar, Kamis (17/6/2021)

Menurut dr Gaffar, varian apapun dapat bermutasi. Virus tersebut mampu berpindah-pindah tempat dari yang satu ke lainnya. Sehingga untuk bisa bertahan, virus ini akan mempertahankan inangnya.

Sementara, dua varian covid lainnya yakni Varian Alpha dan Varian Beta juga telah merebak di wilayah DKI Jakarta.

Varian Alpha atau B117 asal inggris ini disebut lebih cepat menular namun tidak lebih mematikan.

Kemudian Varian Beta asal Afrika Selatan ini memiliki 15 gejala antara lain, kehilangan kemampuan indra penciuman (anosmia), demam, batuk terus-menerus, kelelahan parah, sakit kepala, sakit perut, nyeri dada, sakit tenggorokan, sesak napas yang parah, nyeri otot, suara serak, delirium, diare, dan ruam kulit.

Untuk varian Delta atau B1617.2. asal India ini disebut 60 persen lebih mudah menular dibandingkan varian Alpha atau B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Adapun gejala pasien terkonfirmasi varian Delta ini antara lain:

Demam, Sesak napas, Kelelahan, Nyeri otot atau tubuh, Sakit kepala, Kehilangan rasa atau bau (anosmia), Sakit tenggorokan, Hidung tersumbat atau pilek, Mual atau muntah, Diare.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri