Genjot Penyelesaikan Batas Daerah,  Tapal Batas Gowa-Takalar Rampung

Sabtu, 01 Mei 2021 06:05

GOWA, REWAKO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus melakukan percepatan dalam penyelesaian percepatan penegasan batas daerah.

Alhasil, penetapan tapal batas Gowa-Takalar sudah rampung, bahkan sudah melakukan penandatanganan kesepakatanan.

Sekretaris Daerah Gowa, Kamsinah yang ditemui pasca mengikuti Rapat Koordinasi Peran Gubernur, Bupati/Walikota dalam percepatan penegasan batas daerah, sebagai tindak lanjut ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2021 menjelaskan, jika rapat ini membahas terkait batas anta daerah-daerah tetangga, provinsi dengan provinsi.

Untuk sulawesi Selatan sendiri, batas yang harus diselesaikan sebanyak 37 dari 46 segmen.

“Kalau Sulsel seperti yang kita dengarkan tadi lumayan banyak batas yang harus di selesaikan 37 dari 46 Segmen,” jelas Kamsina.

Kemudian untuk Gowa, Kamsina menjelaskan, jika pasca mengikuti Rakor ini pihaknya meminta staf bagian pemerintahan untuk bersiap dan berkoordinasi dengan daerah-daerah yang masih ada persoalan batas-batas daerah dengan Gowa.

“InshaAllah kedepan selesai Rakor ini kami tadi sudah minta di staf bagian pemerintahan untuk mempersiapkan agar kita berkoordinasi dengan daerah-daerah yang masih ada persoalan batas-batas daerah dengan Gowa,” jelas Kamsina.

Lanjutnya,Gowa merupakan kabupaten penyangga Kota Makassar sehingga permasalahan batas antara Makassar dan Gowa pun akan segera diselesaikan.

Begitu juga dengan batas Maros-Gowa, batas Jeneponto-Gowa dan Batas Bantaeng-Gowa. Sementara untuk Takalar permasalahan batas daerah sudah selesai.

“Kalau Takalar Alhamdulillah sudah selesai, bahkan sudah penandatanganan penyelesaian batas,” tutur Kamsina.

Rakor melalui Virtual Meeting dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Pejabat Eselon 1 lingkup Kemendagri, Gubernur di 33 Provinsi, dan Bupati/Walikota se Indonesia.

Rakor ini dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri