Gowa Kembali Pertahankan Predikat SAKIP dan RB 2020

Kamis, 22 April 2021 17:18

GOWA,REWAKO.ID – Dari Hasil Evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksana reformasi birokrasi instansi 2020, Gowa mendapatkan predikat B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Predikat CC untuk Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Hal ini disampaikan dalam Penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksana reformasi birokrasi instansi 2020, yang berlangsung di Jakarta. Kamis 22 April 2021.

Acara yang diikuti 34 Provinsi dan 508 Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia ini disaksikan langsung Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsinah yang didampingi langsung Kepala Bagian Organisasi, Sujjadan melalui aplikasi Zoom di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa.

Kepala Bagian Organisasi, Sujjadan mengatakan untuk penilaian sakip tujuannya i adalah untuk menilai sejauh mana akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah di dalam pencapaian kinerja pemerintahan untuk Kabupaten Gowa.

“Kita mendapatkan predikat B bersama Kabupaten/Kota Lain di Sulawesi Selatan. Ini menunjukkan hasil yang baik dari sisi predikat. Namun kalau kita lihat capaian ini kita sudah mempertahankan capaian ini selama Empat Tahun berturut-turut,” jelas Sujjadan.

Dari segi nilai, Sujjadan mengatakan Kabupaten Gowa mengalami peningkatan. Sehingga diharapkan hasil evaluasi ini akan menjadi catatan bagi Instansi-instansi untuk terus memperbaiki kinerja pemerintahan.

“Untuk Target kita terus melakukan perbaikan. Kita berharap bahwa nilai kita ini memang selalu mengalami peningkatan. Untuk itu tentu hasil penilaian ini akan menjadi evaluasi bagi kita untuk kita lihat dari aspek-aspek yang perlu kita perbaiki untuk tingkat SKPD. Artinya setiap SKPD berkontribusi terhadap penilaian SAKIP dan RB,” tuturnya.

Sementara dalam sambutannya, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Agus Uji Hantara mengatakan, Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan evaluasi akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi tahun 2020 yang prosesnya dilakukan secara Daring.

“Ini merupakan rangkaian dari seluruh kegiatan yang kita laksanakan secara Daring, kemudian Hasil evaluasi pelaksanaan SAKIP dan RB tahun 2020 ini disampaikan secara bersamaan dengan pertimbangan agar lebih efisien dan efektif,” kata Agus.

Selain itu Pemerintah yang diundang untuk menerima hasil evaluasi secara langsung adalah perwakilan dari Kabupaten/Kota di setiap provinsi dengan hasil evaluasi SAKIP dan RBnya memperoleh nilai terbaik.

Dalam penyerahan hasil evaluasi SAKIP dan RB ini dihadiri langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Cahyo Kumolo. (*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri