Gunakan Dana Mandiri, IPA Borongloe Jangkau 8.000 SR

Selasa, 09 Maret 2021 17:18

GOWA,REWAKO.ID – Instalasi Pengelolan Air (IPA) Borongloe, Gowa Sulawesi Selatan, secara resmi beroperasi Selasa (9/3/2021).

Bupati Gowa, Adnan Pucharita IYL meresmikan langsung beroperasinya IPA Borongloe untuk Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Bontomarannu dengan kapasitas 100 liter per detik.

Proyek ini sudah dikerjakan sejak tahun 2020 dengan menghabiskan total anggaran Rp.15M. Direktur Utama PDAM Tirta Jeneberang Hasanuddin Kamal mengatakan, anggaran tersebut tidak menggunakan dana APBD maupun APBN,tapi merupakan dana mandiri dan pinjaman perbankan.

“Proyek ini dimulai sejak 2020, dengan total anggaran Rp. 15 M yang berasal dari dana mandiri Rp.2 M sedang 13M merupakan dana pinjaman perbankan,” ujarnya.

Dengan kapasitas 100 liter per detik yang dihasilkan dari IPA Borongloe, IKK Bontomarannu ini mampu melayani kebutuhan air bersih sekitar 8.000 sambungan rumah (SR).

Bahkan dapat memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat yang ada di wilayah cakupan IPA Mamminasata.

Hasanuddin menjelaskan, jika IPA Borongloe akan memenuhi kebutuhan air dibeberapa kelurahan di Kecamatan Somba Opu.

Diantaranya, Kelurahan Samata, Kelurahan Porongloe dan masyarakat yang berada di wilayah Perumahan Royal Spring.

Dia berharap, dengan diresmikannya IPA Borongloe kebutuhan air bersih masyarakat bisa terpenuhi. Pada kesempatan tersebut Hasanuddin meminta masyarakat untuk berhemat dan bijak dalam menggunakan air bersih.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Ahmad