Isu Vaksin Sinovac Kadaluarsa, Begini Tanggapan Jubir Gugus Tugas Gowa

Kamis, 25 Maret 2021 14:20

GOWA,REWAKO.ID – Beredarnya isu vaksin Sinovac kadaluarsa mendapat tanggapan Juru Bicara Tim Gugus Tugas, Kabupaten Gowa, dr Gaffar.

dr Gaffar mengatakan, tidak ada vaksin jenis Sinovac yang kadaluarsa di Gowa.

Bahkan vaksin yang dikemas dalam bentuk single dose (dosis tunggal) ini sudah habis sejak seminggu lalu.

Diantara 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yang melaksanakan Vaksinasi serentak dua kabupaten diantaranya telah menghabiskan vaksin single dose.  Gowa merupakan kabupaten pertama yang menghabiskan kemasan single dose. Menyusul Kabupaten Pinrang.

“Seminggu lalu kita sudah habis yang single dos, Di 24 kabupaten kita hampir bersamaan dengan Pinrang. Kita duluan habis. Saya yakin isu kedaluarsa tidak ada lagi,” kata dr Gaffar, Kamis (25/3/2021).

Program vaksinasi di Gowa pun masih berlanjut, masih menggunakan vaksin jenis Sinovac namun dengan kemasan berbeda yakni Multi Dose. Dimana kemasan Multi Dose ini dalam satu Vialnya bisa digunakan hingga 10 dosis.

“Jadi yang kita hadapi sekarang kemasan Multi Dose. Dimana 1 Vialnya itu 10 Dosis. Kalau Single Dose kemarin itu 1 Vialnya hanya untuk 1 dosis,” terang dr Gaffar.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa tetap menggunakan vaksin jenis sinovac cuma bukan yang single dos tapi multi dos. Multi dos dimana 1 vialnya itu 10 dosis. Kalau single dos kemarin 1 vialnya 1 dosis.

Sementara itu, untuk 200 Tenaga Kesehatan yang tertunda vaksinasinya, dr Gaffar mengimbau untuk segera divaksin, tentunya setelah melewati proses Screening.

“200 Nakes yang sempat tertunda Vaksinasinya secepatnya kalau mereka sudah lolos screening, mereka sudah bisa divaksinasi,”pungkasnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri