Jelang Sekolah Tatap Muka, UKS Diharap Lebih Berperan di Tengah Pandemi

Kamis, 18 Maret 2021 14:45

GOWA,REWAKO.ID – Pemerintah rencananya akan kembali membuka sekolah secara luring atau tatap muka pada pertengahan tahun ini.

Belajar tatap muka akan dilakukan dengan protokol kesehatan (Prokes) sangat ketat.Selain perlunya protokol kesehatan, juga butuh unit kesehatan disekolah atau UKS.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Rieke Susanti menilai jika , peran UKS memang sangat perlu didorong terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Apalagi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah merencanakan akan membuka kembali sekolah tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

“Keberadaan dan peran UKS ini sangat dibutuhkan,terutama dalam memberikan pertolongan pertama jika ada yang sakit baik karena covid maupun sakit lainnya,” ujarnya Kamis (18/3/2021).

Karenanya dia berharap agar para murid bisa dibina masing-masing UKS sekolah mereka untuk jadi pelopor kesehatan di sekolah.

Selain itu, nantinya bisa membentuk gugus tugas untuk melakukan pengawasan Protokol Kesehatan di lingkungan sekolah dan UKS bisa dilibatkan didalamnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Ahmad