Kades Parigi Siapkan Jalan Tani Untuk Warga 

Rabu, 29 September 2021 18:35

GOWA,REWAKO.ID – Pandemi Covid-19 bukan jadi penghalang bagi Kepala Desa Parigi Kecamatan Tinggimoncong,  Siti Aida untuk menyediakan infrastruktur bagi petani di wilayahnya.

Bahkan dengan giatnya turun langsung ke lapangan melihat pembangunan jalan tani yang di prioritaskan di Tahun 2021 yang anggarannya berasal dari anggaran dana desa (ADD) sekitar Rp 100 Juta.

Sitti Aida mengatakan, dengan adanya jalan tani ini akses untuk masyarakat Desa Parigi akan mudah yang selama ini mereka semua yang bermukim di sini berjalan kaki hingga ke tepi jalan raya.

“Alhamdulillah sekarang mereka semua dapat menempuh dengan Roda Dua maupun Roda Empat dalam mengangkut hasil pertaniannya,” ujarnya di sela-sela peninjauan, Rabu (29/9).

Adapun hasil pertanian masyarakat, seperti Singkong, Ubi Jalar, Kacang Tanah, Pisang, serta yang ramai sekarang para masyarakat menanam Porang yang sebentar lagi akan panen.
Menurutnya, jalan tani sepanjang 1,5 kilometer dengan lebar 4 meter juga akan berfungsi ganda.

“Jadi areal jalan tani ini bukan semata untuk aktivitas para petani tetapi juga akan di usahakan sebagai Rest Area para pengunjung dari arah Makassar untuk singgah di lokasi ini beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalananya ke Kota Malino untuk menambah penghasilan masyarakat khususnya kaum muda,” terangnya.

Aida juga menambahkan, capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Parigi sudah mencapai 80 prosen dan pada Oktober nanti diharap terealisasi 100 Prosen.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Muhtar Suma/Yusri Syamsuddin