Kadis Pariwisata Gowa Beberkan Kriteria Penganugerahan Desa Wisata

Jumat, 25 Juni 2021 16:04

GOWA, REWAKO.ID – Kedatangan Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno ke Kabupaten Gowa belum lama ini tujuan utamanya adalah pengembangan desa wisata. Mengingat Kabupaten Gowa belum menetapkan satupun wisata dalam bentuk Surat Keputusan sebagai destinasi andalannya.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, Andi Tenri Tahri kepada Rewako.id. Jumat 25 Juni 2020.

“Untuk anugerah desa wisata, Kabupaten Gowa itu baru akan mengusulkan, namun tujuan awal dari bapak menteri adalah memang pengembangan desa wisata, karena Gowa ini belum menetapkan dalam bentuk SK, desa wisata mana yang akan ditunjuk makanya masih dalam proses untuk penyusunan SK,” ujar Andi Tenri.

Pihaknya juga akan mendaftarkan sejumlah destinasi wisata Gowa ke Aplikasi milik Kementerian Parekraf. Sudah ada dua Destinasi yang siap yakni Air Terjun Bantimurungna Gallang dan juga kawasan Pinus Bissoloro.

Peluang yang diberikan Menteri Parekraf dalam penganugerahan Desa Wisata ini untuk Sulawesi Selatan sebanyak 50 Tempat wisata, maka Kabupaten Gowa sendiri sementara mengusulkan lebih dari dua Destinasi andalan yang dimiliki.

“Kami juga akan mendaftarkan destinasi wisata yang siap itu ke aplikasi milik kementerian Parekraf, ini kita lgi usulkan untuk saat ini, karena yang ready dan kesiapannya untuk desa wisata baru kita konsul dan yakinkan itu Desa Pao dengan Desa Bissoloro, tapi karena peluang yang diberikan oleh pak menteri Parekraf di Sulsel ada 50 dan ada informasi masukan saja beberapa maka kita mau usulkan lebih dari 2 minimal 6,” jelas Andi Tenri.

Menurut Andi Tenri, pengusulan desa wisata itu tidaklah serta merta, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh desa sehingga layak untuk dijadikan sebagai desa wisata.

Pertama, harus ada aspek antraktif (daya tarik) yang bisa menarik orang untuk datang berkunjung seperti destinasi wisata.

Kemudian kedua, dari segi aksebilitasnya. Dimana kesiapan secara infrastruktur, akses menuju ke lokasi wisata bagus, kemudian lokasi wisatanya itu terdapat aktivitas masyarakat yang bisa mendukung usaha pariwisata, seperti penjualan cendramata ataukah kerajinan dan yang paling utama kata Tenri tersedianya penginapan bagi para wisatawan.

Andi Tenri menjelaskan jika memang ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh suatu desa untuk bisa dinobatkan sebagai desa wisata.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri