Kadisdik Gowa: Hanya Guru yang Sudah Divaksin Bisa Mengajar Sekolah Tatap Muka

Selasa, 25 Mei 2021 16:41

GOWA,REWAKO.ID – Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Dr Salam mengatakan, guru yang telah melakukan vaksinasi lengkap bisa mengajar saat sekolah tatap muka diterapkan pada Juli 2021 mendatang.

Guru yang boleh mengajar adalah guru yang talah melakukan vaksinasi penuh, yakni vaksin pertama dan vaksin kedua. Tidak diperkenankan yang belum lengkap vaksinnya,”kata Dr Salam. Selasa (25/5/2021).

Hingga saat ini kata Dr Salam, proses vaksinasi guru maupun tenaga pendidik di Gowa sudah mencapai 67-68 persen. Tersisa 12 hingga 13 persen yang telah melakukan vaksinasi tahap pertama dan selebihnya belum melakukan vaksinasi.

“Sekarang proses vaksinasi tenaga pendidik sudah mencapai 67-68 persen yang vaksin full. Sekitar 12-13 persen yang vaksin pertama. dan selebihnya blm divaksin. Tetapi kita koordinasi Dinkes mudah-mudahan dalam 1 bulan kedepan sudah selesai divaksin. Mereka tidak bisa mengajar sebelum divaksin pertama dan kedua,”

Kendati demikian, Dinas Pendidikan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar proses vaksinasi dapat selesai sebulan kemudian.

Sementara itu kata Salam, bagi siswa yang belajar dalam keadaan terbatas orangtuanya juga akan divaksin.

Siswa nanti akan didata, orang tuanya akan divaksin. Hal tersebut dilakukan sesuai arahan Bupati Gowa, Adnan Purichta untuk mengantisipasi penularan Covid dari Anak ke orang tua di rumah.

“Siswa nanti akan didata, orang tuanya akan divaksin. Ini arahan pak bupati, nanti bisa jadi ada siswa yang terkonfirmasi tapi karena kuat imunnya bisa jadi orgtuanya yang kena. Semua itu diantisipasi,” ujar Salam.

Sementara itu, dari sisi manajemen sekolah, semua benda-benda disekolah terutama yang paling sering dipegang guru dan siswa dilakukan penyemprotan disinfektan. Beberapa sekolah akan menggunakan bilik antiseptik.

Jadi seluruh warga sekolah jika hendak Keluar dan masuk lingkungan sekolah harus melalui bilik antiseptik.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri