Kapolres Gowa Dimutasi ke Polda Sulteng, Siapa Penggantinya?

Rabu, 14 Oktober 2020 13:42
GOWA,REWAKO.ID – Gerbong mutasi jabatan dalam institusi Polri kembali bergerak. Kali ini, Kapolres Gowa, AKBP Boyke Fredrik Salmon Samola, SiK, MH berganti.
Jebolan Akpol angkatan 1999 ini dimutasi ke Polda Sulteng. Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2935/X/KEP/2020 tanggal 13 Oktober 2020.
Dalam salinan surat yang dilihat Boy FS Samola mendapat jabatan baru di Polda Sulteng. Ia akan bertugas sebagai Kabagbinkar Rosdm Polda Sulteng.
Posisi Boy akan digantikan oleh AKBP Budi Susanto yang sebelumnya menjabat Kapolres Kapolres Pare Pare.
Boy Samola belum genap dua bulan menjabat di Polres Gowa, Ia telah berhasil mempersembahkan penangkapan narkoba dalam jumlah besar sebesar 848.58 gram sabu sabu.
Sepanjang 2019 kasus kejahatan mengalami penurunan di wilayah  Gowa.
Selama setahun Polres Gowa menerima 1.711 laporan polisi. Jumlah ini turun 577 kasus jika dibandingkan pada tahun 2018.
Dari total kejahatan konvensional itu, 164 diantaranya merupakan kejahatan transaksi. Persentasenya 18.3 persen.
Jebolan Akpol angkatan 1999 ini melanjutkan, dari total 1.711 laporan kejahatan tersebut, polisi berhasil menyelesaikan 1.156 kasus diantaranya.
Angka ini menurun 309 kasus atau 21.09 persen dibanding tahun sebelumnya.
Tentunya ada juga  kasus yang cukup menarik perhatian publik yang belum terungkap dan akan menjadi pekerjaan rumah bagi pejabat yang baru.
Seperti kasus kematian Muh Dahlan Daeng Liwang (52 tahun), ditemukan tewas di samping perumahan Citraland, Kamis (19/12/2019) lalu.
Bos Warung Coto Makassar itu tewas telentang bersimbah darah di Jalan Inspeksi Kanal, Gowa. Polisi menemukan luka tusukan yang diduga bekas senjata tajam.
Kasus ini ditangani oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Gowa. Selain itu, Resmob Polda Sulsel turun membantu.
Sebelumnya, Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola menyampaikan proses penyidikan masih terus dikembangkan.
Total saksi yang sudah dimintai keterangan berjumlah empat orang.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Memed