Kasus Covid-19 Kembali Muncul di Gowa, dr Gaffar: Masyarakat Harus Sadar Testing Swab

Selasa, 27 April 2021 12:14

GOWA,REWAKO.ID – Setelah sebelumnya  Gowa terbebas dari kasus terkonfirmasi Covid-19, kini bermunculan kasus baru.

Berdasarkan data terbaru pemantauan Covid-19 per;Minggu 25 April 2021, tercatat kasus terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 10 orang. Untuk penambahan 1 kasus pada Minggu yakni, di Kecamatan Somba Opu.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19, dr Gaffar mengatakan, jika 10 kasus tersebut merupakan akumulasi dari semua kasus baru beberapa hari lalu.

dr Gaffar membeberkan munculnya kasus baru di Kabupaten Gowa lantaran munculnya cluster kontak di masyarakat, di keluarga dan kantor.

“Setiap hari ada penambahan, terkadang juga tidak ada kasus. 10 pasien itu merupakan akumulasi di setiap harinya,” kata dr Gaffar.

Sehingga diharapkan kepatuhan protokol kesehatan bagi masyarakat tidak kendor, kemudian juga adanya kesadaran untuk melakukan pemeriksaan Covid-19 berupa swab Baik PCR maupun Antigen lebih ditingkatkan.

“Diharapkan kepatuhan protokol kesehatan masyarakat tidak kendor dan saya yakin klaster kontak ini muncul di komunitas seperti pada keluarga, kantor,” ujarnya

Mengingat kecenderungan angka pemeriksaan swab kita memang jauh dari per 1000 orang, sementara seharusnya dalam seharinya harus ada yang melakukan testing Swab atau pemeriksaan Covid melalui Swab.

“Dan masyarakat harus sadar akan pentingnya testing swab agar lebih ditingkatkan karena ada kecenderungan angka testing swab kita memang jauh dari per 1000 orang, sedangkan itu tiap hari harus ada yang di testing,” jelas dr Gaffar.

Seluruh pasien terkonfirmasi Covid-19 tersebut saat ini telah melakukan isolasi Mandiri dan sembari dipantau langsung oleh tim Tracer dari Puskesmas di Kecamatan tersebut untuk memastikan perkembangan pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

dr Gaffar berharap Kabupaten Gowa tidak masuk dalam kategori serangan kedua Pandemi Covid-19, mengingat di beberapa provinsi bermunculan tren peningkatan kasus baru seperti di DKI Jakarta.

“Mudah-mudahan kita tidak termasuk serangan kedua karena di beberapa provinsi ada tren kasus naik seperti di DKI Jakarta mulai kasus naik,” katanya.

Masyarakat Gowa pun di imbau untuk Tetap menjaga imunitas di bulan suci ramadhan dan meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Namun berdasarkan data terbaru pada Senin 26 April, kasus terkonfirmasi Covid-19 menurun menjadi Enam Kasus, 4 diantaranya Isolasi Mandiri dan 2 diantaranya Dirawat. Dengan angka kesembuhan telah mencapai 3.840 dan Meninggal dunia 76 jiwa.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri