Kenali Gejala Virus Corona Varian Baru Asal India

Rabu, 12 Mei 2021 10:24

GOWA,REWAKO.ID -Masuknya sejumlah Varian baru di Indonesia seperti varian B1617 Asal India yang saat ini menjadi trending di dunia, kemudian 1351 dari afrika, B117 dari eropa membuat masyarakat kian resah.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Gowa, dr Gaffar kepada Rewako FM mengatakan, dirinya khawatir jika kalangan yang rentan terkontaminasi varian tersebut adalah mereka yang belum melakukan vaksinasi. Kendati demikian individu yang telah di vaksin bukan mustahil terjangkit, sehingga protokol kesehatan tetap perlu dijaga.

“Apapun varian B1617 yang di khawatirkan 1351 dari afrika, B117 dari eropa itu yang kita khawatir orang yang tidak vaksin malah sekarang, tapi walaupun begitu sudah di vaksin tetap protokol kesehatan. Untuk varian baru virus itu bermutasi di sesama lokal ini, belum lagi yang mutasi dari luar yang membahayakan yang sudah di indikasi lewat dri india,” kata dr Gaffar. Selasa (11/5/2021).

dr Gaffar mengatakan, kecenderungan karakter dari B1617 asal India ini lebih cepat penularannya, dengan sejumlah gejala infeksi awalnya seperti demam, nyeri badan, hilang penciuman, dan sekarang yang menonjol adalah air liur tidak berproduksi, jadi virus varian baru tersebut akan menekan produksi air liur.

“Jadi memang ini spesifik terutama yang dari India, bagaimana seseorang bisa pencernaan bagus kalau saliva yang diproduksi itu di tekan. Seperti itu yang saya dapatkan tapi lagi-lagi ya protokol kesehatan,” demikian dr Gaffar.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri