Kontraktor asal China yang Kerja Proyek Bendungan Je’nelata

Kamis, 20 Mei 2021 12:13

GOWA,REWAKO.ID – Konstruksi Bendungan Je’nelata dikerjakan oleh kontraktor asal China. Pasalnya, proyek bendungan ini anggarannya berasal negeri Tirai Bambu itu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pembangunan Bendungan, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang, Muh Ikhsan Hatta mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Duta Besar Cina bersama pimpinan pusat BBWS Pompengan Jeneberang.

Dalam rapat itu dibahas terkait pekerjaan fisik yang juga akan terkontrak di tahun 2021. Seluruh pekerjaan fisik untuk bendungannya, tubuh bendungan, semuanya akan dilakukan oleh kontraktor Cina dan didampingi oleh BUMN dari Indonesia.

“Insyaallah seperti itu dan mungkin pemain kontraknya itu dari Cina sendiri kemudian pendampingnya dari BUMN Indonesia,” ujar Iksan.

Dalam waktu dekat ini kata Ikhsan hanya akan dilakukan pembayaran tanahnya terlebih dulu dengan mendahulukan tanah yang sudah diukur untuk area tubuh bendungan yang jadi area kerja.

“Jadi nantinya yang kita utamakan ini yang sudah diukur adalah area tubuh bendungan sendiri jadi area kerja. Kita punya planning kalau sudah dibebaskan nantinya, pekerja kontraktornya sudah siap dan langsung action di lapangan, dan tidak ada lagi kendala permasalahan di daerah tersebut,”pungkasnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri