KPU Gowa Bentuk Desa/Kelurahan Peduli Pemilu, Begini Respons Bupati Adnan

Kamis, 24 Juni 2021 09:24

GOWA,REWAKO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa akan membentuk desa atau kelurahan peduli pemilu dan pemilihan. Hal itu sampaikan saat audies dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (23/6).

Bupati Adnan pun menyambut baik, rencana tersebut, menurutnya pembentukan desa atau kelurahan peduli pemilu sangat baik dilakukan untuk memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya mengikuti pemilihan, apalagi nantinya akan ada pemilihan serentak.

“Kami pada prinsipnya setuju karena secara tidak langsung akan membantu Pemkab Gowa dalam mengedukasi pentingnya menggunakan hak pilih ketika ada pemilihan,” akunya.

Sementara itu, Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis mengatakan, dibentuknya desa atau kelurahan peduli pemilu dan pemilihan tersebut untuk membantu KPU dalam melakukan sosialisasi terkait program KPU kepada masyarakat.

“Dalam waktu dekat kita akan bentuk ini dan menunjuk tiga lokus yaitu Desa Borisallo Kecamatan Parangloe, Desa Biringala, Kecamatan Barombong dan Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu,” ungkapnya.

Dipilihnya tiga lokus ini kata Muhtar Muis, karena merupakan representansi di masing-masing dataran yakni dataran tinggi di Parangloe, dataran rendah di Barombong dan Somba Opu serta telah turun langsung ke pemerintah setempat dan disambut baik oleh pemerintah desa dan kelurahan.

“Ada beberapa faktor dan pertimbangan pemilihan lokus seperti jumlah penduduk dan presentase pemilih yang masih rendah dan masyarakatnya belum sadar untuk berpartisipasi terhadap pemilihan,” katanya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan pada program tersebut, pihaknya akan mengkader warga setempat untuk menjadi perpanjangan tangan KPU dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat secara umum dan mendidik secara berkala yang diharapkan menjadi agen KPU untuk menyampaikan program-program pentingnya memilih dan demokrasi.

Pada audiens ini Bupati Adnan turut didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Gowa, Mappasomba dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Statistik Persandian (DiskominfoSP)  Gowa, Arifuddin Saeni. (*)

Editor : Bahar Hardin