Launching Pasar Mitra Tani, Bupati Adnan Apresiasi Inovasi Dinas Ketapang

Kamis, 08 Juli 2021 17:47

GOWA,REWAKO.ID – Pasar Mitra Tani kini diterapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan. Sebagai Program strategis Kementerian Pertanian Bidang Ketahanan Pangan, Pasar Mitra Tani mampu menjadi solusi terbaik masyarakat dalam meringankan beban rumah tangga dengan harga produk jauh dibawah harga pasar.

Hal ini disampaikan langsung, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa, Syamhari Rasyid pasca Launching Pasar Mitra Tani oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Kamis 8 Juli 2021.

“Pasar mitra tani adalah program strategis kementerian pertanian bidang ketahanan pangan dan salah satu tujuannya itu adalah bagaimana membantu masyarakat meringankan beban utamanya beras, minyak, telur, jadi kita punya stok itu dibawah harga pasar. Karena ini untuk meringankan masyarakat,” jelas Syamhari.

Lanjutnya, seluruh stok yang tersedia di Pasar Mitra Tani ini merupakan produk dari sejumlah Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) binaan di Kabupaten Gowa. Beras yang dijual pun merupakan beras hasil produksi masyarakat Gowa.

“Semua stok barang kita adalah hasil kerja sama oleh sejumlah Gapoktan binaan. Beras yang ada ini adalah beras lokal, beras produksi orang Gowa,” katanya.

Pasar Mitra Tani dibuka untuk umum, siapapun yang hendak membeli produk Gowa, dapat mengunjungi langsung Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa Jl Andi Malombassang, Sungguminasa.

Selain itu juga ada beberapa tanaman pekarangan berupa sayur mayur yang ditinjau oleh Bupati Adnan. Sayur mayur tersebut kata Syamhari sebagai contoh yang nantinya akan diperlihatkan kepada para kelompok tani atau masyarakat.

“Itu namanya tanaman pekarangan sebagai contoh yang akan kita perlihatkan kepada Kelompok tani nantinya, bagaimana kita memanfaatkan pekarangan untuk pemenuhan pangan keluarga seperti, sayur, buah, dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Syamhari berharap, dengan adanya program Pasar Mitra Tani dapat meningkatkan program lainnya di Dinas Ketahanan Pangan untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapan kami bagaimana meningkatkan program-program pertanian di dinas ketahanan pangan ini agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Mengingat dimasa pandemi ini banyak masyarakat yang lebih banyak di rumah, sehingga tanaman-tanaman pangan ini strategis untuk peningkatan kualitas pangan di rumah,”

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh setiap SKPD lingkup Pemkab Gowa, khususnya oleh Dinas Ketahanan Pangan. Adnan mengatakan, jika setiap inovasi itu pasti akan berujung pada peningkatan kinerja sehingga kedepannya kita berharap, Kinerja Dinas Ketahanan Pangan bisa lebih baik.

“Saya mengapresiasi setiap inovasi yang dilakukan oleh setiap jajaran SKPD lingkup pemerintah kabupaten gowa. Karena setiap inovasi itu pasti akan berujung pada peningkatan kinerja sehingga kedepannya kita berharap, Kinerja Dinas Ketahanan Pangan bisa lebih baik,” kata Bupati Adnan.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini juga berharap semakin banyak usaha masyarakat yang dapat dikembangkan oleh Pasar Mitra Tani tersebut.

“Yang saya harapkan adalah semakin banyak kerajinan dan usaha masyarakat yang di kembangkan di Mitra Tani tersebut, guna membantu masyarakat dalam hal mengembangkan produk lokal khususnya di Gowa,” pungkasnya.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri