Legislator Dan Aktivis Berharap Insiden Macanda Segera Berakhir

Jumat, 03 April 2020 09:19

Taufik Surullah : Sistem Koordinasi Perlu disempurnakan.

GOWA,REWAKO.ID–Aksi penolakan warga atas rencana penguburan salah satu pasien yang dinyatakan positif Corona yang berakhir ricuh, mengundang reaksi berbagai pihak. Semuanya menyesalkan adanya aksi itu apalagi Jajaran Polres Gowa telah mengamankan 5 ( lima) warga dan akan di proses hukum namun pada sisi lain beberapa pihak juga memaklumi reaksi warga atas sikapnya.

Adalah Taufik Surullah salah satu anggota parlemen Gowa menyatakan insiden ini terjadi karena informasi yang merebak di media tidak begitu utuh,” warga bereaksi karena dibenak mereka virus Covid 19 itu cepat tersebar, aksi penolakan ini murni karena mereka menhindari wabah ini meluas, pemahamannya baru pada tahap itu sehingga reaksinya agak berlebihan”.urainya.
Dan sisi lain, tindakan tegas aparatur hukum juga dibolehkan apabila suasana sosial warga itu terancam,” pada Point’ ini kita prihatin dengan beban berat para penegak hukum sehingga permasalahan ini patut disikapi bersama”.urainya.


Legislator dari Dapil Somba Opu ini menilai langkah edukasi yang dilakukan pemerintah belum optimal, ” dinas kesehatan perlu intens melakukan edukasi dibantu jajaran Pemerintahan paling bawah, ini yang perlu diperhatikan, memberikan pemahaman secara utuh kepada warga, selain di Gowa langkah ini juga dilakukan di daerah lain”. ujarnya.


Pernyataan yang sama diungkapkan
Mujahidin Didong Tahir Sekretaris ORW 14 Kelurahan Tombolo juga menjabat sebagai Ketua AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar) Kota Makassar. Menurutnya, Sosialisasi yang dilakukan media tentang corona sudah maksimal, yang penting adalah Pemerintah harus hadir memberi edukasi, penanganan virus ini bukan cuma pencegahan dan peningkatan tetapi sampai pada kemunginana terburuk jika pasien meninggal dunia. Termasuk pada warga sekitar pekuburan, meminta pemerintah menggandeng tokoh agama melakukan syiar bahwa penyelenggaraan jenazah dalam islam itu adalah fardhu kifayah dan makin lengkap kalau didampingi tim medis”.kunci Mujahidin Didong Tahir tadi siang (3/4).

Senada diutarakan Zulfiady Muis salah satu aktivis Gowa,” insiden Macanda kemarin malam semoga yang terakhir, langkah edukasi secara moral dan medis perlu diutamakan sehingga hadir kesadaran ditengah warga, maka beban semua pihak dapat dikurangi, baik aparatur hukum, Pemerintah dan warga,” langkah koordinasi di akar rumput perlu ditingkatkan”.urai ketiganya.

Editor : yos rizal