Meski Terkendala Cuaca, Proyek TMMD di Tana Karaeng, Gowa Dipastikan Tuntas 

Sabtu, 13 Maret 2021 13:16

GOWA,REWAKO.ID – Meski terkendala cuaca, proyek yang merupakan program TMMD di Tana Karaeng, Kecamatan Manuju, Gowa dipastikan rampung.

Penegasan itu disampaikan oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-110, yang juga Dandim 1409 Gowa, Letkol ARH Muhammad Suaib, saat dikonfirmasi pada Sabtu (13/3/2021).

Letkol ARH Muhammad Suaib mengatakan, proyek yang dikerjakan berupa jalan Tani progresnya 5 persen. Sementara untuk pembukaan jalan sudah 45 persen.

Meski sedikit molor karena cuaca, tapi kami yakin pengerjaan jalan hingga Jumat (12/3/2021) kemarin bisa rampung,”katanya.

Sementara itu, Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Staf Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD Ke-110, Mayjen TNI Surawahadi saat mengunjungi Lokasi TMMD di Desa Tana Karaeng, Kecamatan Manuju, beberapa waktu lalu.

Dia mengaku, optimis pengerjaan jalan dan jembatan dapat tuntas meskipun waktunya akan sedikit mundur.

“Dampak dari cuaca sangat berpengaruh pada pengerjaan proyek, maka wajar jika sedikit molor, tapi tetap harus selesai,”kata dia.

Dia mengatakan, pembukaan jalan, pembuatan jalan terkendala cuaca sudah sering terjadi, seperti di Maros waktunya penyelesaiannya agak mundur.

“Ini dipastikan juga dukungan dari bapak bupati tentunya, terkait anggarannya termasuk alat-alat berat akan diupayakan sampai tuntas,” kata Mayjen TNI Surawahadi.

Sementara itu, program TMMD ke-110 ini tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Namun ada beberapa yang kemudian dialihkan lantaran adanya Covid-19 yang tentu saja mempengaruhi perekonomian yang ada di wilayah tersebut.

“Jadi seperti yang lalu harusnya di Palopo kita geser ke Kolaka. Kembali kita sadari betul dampak dengan adanya Covid-19 ini,” tutur Jenderal Surawahadi.

“Untuk target penyelsaian, Jenderal Surawahadi menargetkan dapat selesai 1 bulan, kalaupun kata dia molor, setidaknya semua pengerjaan di TMMD dapat tuntas.

“Sebetulnya targetnya 1 bulan, kita akan upayakan 1 bulan nanti kalau ada kekurangan karena jujur saya gak bisa janji karena ini hanya Allah yang mengendalikan cuaca ini. Kita akan ypayakan 1 bulan dan tatgetnya 1 bulan. Tapi yang jelas harus tuntas,”pungkasnya.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri