MoU dengan PT Cimory, Pemkab Gowa Sediakan 3 Lokasi

Senin, 01 Maret 2021 14:19

GOWA, REWAKO.ID –  Pemerintah Kabupaten (Pemka) Gowa melalukan penandatanganan tiga MoU, yakni dengan Ditjen Perternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian (Kementan) RI, PT Sumber Citarasa Alam/Cisarua Montain Dairy (Cimory), dan Universitas Negeri Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Penandatangan dihadiri Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, dan sejumlah pejabat ini dilakukan di Padivalley Golf Club, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, pada Senin (1/2/2021).

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo ditemui pasca MoU dan menyaksikan langsung penandatanganan berharap dengan adanya MoU ini, Gowa dapat menghasilkan Sapi-sapi perah yang bisa bermuara pada industri susu.

“Dan hari ini saya berharap memang salah satu bentuknya secara nyata besok kita akan menghasilkan sapi-sapi perah yang bisa bermuara pada industri susu dan saya berharap dalam waktu singkat pabrik itu atau industri itu bisa bermuara dengan hadirnya susu baru yang ada di Indonesia,” kata Syahrul.

Diakui Syahrul, untuk menciptakan itu tentu tidak bisa dengan membalikkan telapak tangan, tapi dirinya berharap dengan dibantu Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian juga dan dibantu dengan pemerintah daerah.

“Mau atau tidak kita masih butuh susu yang cukup besar dan pemenuhan susu kita masih sangat terbatas sehingga impor susu itu menjadi bagian-bagian dari kebutuhan yang mau atau tidak harus kita siapkan.

“Olehnya kita berharap MoU ini akan mampu menjadi bagian-bagian yang berkontribusi lebih kuat dengan kekuatan dan kemandirian pangan dan peternakan yang kita miliki sendiri,”lanjut Syahrul.

Sementara itu, terkait lokasi, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Pemkab Gowa telah menyiapkan tiga lokasi dan telah disurvei langsung pihak Cimory.

“Lokasi yang fix adalah kita sudah kasih tiga lokasi, dia sudah melakukan survei. Nanti dia akan fixkan dari tiga lokasi yang telah kita telah tunjukkan dimana yang akan di pakai,” kata Adnan.

Salah satu lokasi yang yelah yang di tunjukkan adalah eks Pabrik Markisa Gowa yang sekarang tidak beroperasi lagi.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri