Pantau Program KotaKu di Gowa, Begini Respons Direktur PKP PUPR

Selasa, 15 Juni 2021 17:18

GOWA,REWAKO.ID – Rombongan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR di Lokasi Program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu), Kelurahan Parangbanoa, Kecamatan Pallangga, Gowa, disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Dra Kamsina, masyarakat dan seluruh fasilitator dan juga Koordinator KotaKu pada Senin (14/6/2021) malam di Kelurahan Parangbanoa.

Direktur PKP Kementerian PUPR,Wahyu Kusumo Susanto pasca memantau Finishing Program KotaKu di titik pertama yang merupakan jalanan Paving Block yang telah dirampungkan 2020 lalu mengatakan, Program Kotaku diharapkan masyarakat bisa dinikmati secara langsung, aktivitasnya bisa meningkat, kegiatan anak-anak yang masih sekolah pendidikannya semakin meningkat, kehidupan dan penghidupan masyarakat di kelurahan Parangbanoa menjadi lebih baik dengan adanya perbaikan jalan menjadi lebih baik lagi sehingga tidak perlu melepas sepatu saat musim hujan.

“Tadi sebelum sampai kesini kami sudah diantar oleh ibu Sekda untuk melihat spot kelurahan yang tahun kemarin sudah dilakukan perbaikan untuk jalan sehingga anak-anak kita yang tadinya ke sekolah harus melepas sepatunya, sekarang dengan adanya perbaikan jalan menjadi lebih baik lagi sehingga mereka tidak perlu melepas sepatu saat musim hujan,” kata Wahyu.

Wahyu Kusumo juga menyampaikan, bahwa dirinya selalu berpesan kepada Pemerintah Pusat maupun Provinsi atau Kabupaten/Jota bahwa Kota Tanpa Kumuh bukanlah proyek. KotaKu harus mampu menjadi kebiasaan di kehidupan sehari-hari.

“Saya selalu mengatakan kepada teman-teman di pusat maupun di provinsi KotaKu sebenarnya bukan proyek, ini harus menjadi kebiasaan di kehidupan kita. Jadi bukan sekadar adanya proyek kemudian diperbaiki karena didampingi semua menjalankan programnya,” terang Wahyu dihadapan masyarakat Parangbanoa.

Selain itu, setelah para pendamping Program KotaKu melepaskan diri maka diharapkan Lurah maupun Camat dapat meneruskan program KotaKu dengan berinisiatif mencari sumber dana agar pembangunan bisa ditambah dan kami berharap lokasi tersebut kedepan tidak lagi menjadi kumuh.

Pemantauan sejumlah titik Program KotaKu Tahun Anggaran 2020 ini kemudian dilanjutkan ke Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri