Pantau Vaksinasi Paguyuban Tionghoa, Adnan: Ini Bentuk Akselerasi Percepatan Vaksinasi

Senin, 10 Mei 2021 19:04

GOWA,REWAKO.ID – Sekitar 80 peserta vaksinasi yang tergabung dalam komunitas Paguyuban sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Gowa ikut vaksinasi massal, di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Senin (10/5/2021).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang datang menyapa para lansia yang ikut dalam vaksinasi tersebut mengatakan jika kegiatan vaksinasi kali ini sebagai bentuk akselerasi percepatan proses vaksinasi program pemerintah dalam membentuk Herd Immunity. Sementara kata Adnan, untuk membentuk Herd Immunity saja membutuhkan 70 persen penduduk yang telah di vaksin.

“Hari ini salah satu cara melakukan akselerasi percepatan dalam proses vaksinasi untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok. Jadi vaksinasi ini kan tujuannya untuk membentuk Herd Immunity. Untuk mencapai Herd Immunity itu dibutuhkan 70 persen jumlah penduduk yang sudah divaksin.,” terang Bupati Gowa.

Pihaknya pun saat ini tengah melakukan percepatan dalam pembentukan 70 persen Kekebalan kelompok tersebut.

“Sekarang kita lagi percepatan untuk bisa membentuk 70 persen kekebalan kelompok tersebut,” ujar Adnan.

Adnan juga mengatakan jika Fatma Majelis Ulama Indonesia pun saat ini membolehkan kegiatan Vaksinasi, dan tidak membatalkan puasa. Kendati demikian dari segi medis, kesehatan pun menjadi hal utama.

“Di bulan suci ramadan sudah ada fatwa MUI yang mengatakan bahwa vaksin tidak membatalkan puasa. Tetapi kalau kita lihat dari sisi medis, kesehatan juga harus menjadi penting. Mengingat yang harus di vaksin harus memiliki kondisi tubuh yang prima,” tuturnya.

Dengan begitu, untuk vaksinasi pagi hari, Pemkab Gowa mempersilahkan saudara kita yang non muslim untuk melakukan Vaksinasi. Sehingga untuk saudara-saudara yang muslim tetap melakukan proses vaksinasi untuk malam hari.

“Permintaan ini sejak bulan lalu, tapi karena stok vaksin baru tiba di Gowa pada Sabtu 8 Mei kemarin, makanya baru kita lakukan hari ini,” demikian Bupati Gowa.

Sementara itu, Ketua Panitia vaksinasi khusus PSMTI, Yeri mengatakan jika kegiatan vaksinasi ini merupakan hasil dari komunikasi pihaknya dengan Bupati Adnan sebulan yang lalu.

Dimana dalam komunikasi audience tersebut, Bupati Adnan memberikan 80 dosis vaksin bagi pengurus dan anggota PSMTI Kabupaten Gowa.

“Ini merupakan bentuk melanjutkan dari apa yang tempo hari kami komunikasikan dengan pihak pemerintah Kabupaten Gowa dimana dari Bapak Bupati sendiri memberikan kepada kami 80 Dosis. Dan hari ini kita sudah bisa melaksanakan sesuai dengan apa yang telah pemerintah Gowa janjikan tempo hari. Jadi hari ini kita akan memvaksin sekitar 80 orang begitu dari pengurus maupun dari anggota-anggota PSMTI itu sendiri,” kata Yeri.

Yeri berharap, dengan terlaksananya vaksinasi tahap 1 ini dapat membantu kinerja pemerintah mempercepat proses vaksinasi di Gowa.

“Harapannya semoga apa yang kami lakukan ini dapat membantu kinerja-kinerja pemerintah. Karena memang dibutuhkan kolaborasi yang baik antara organisasi masyarakat dengan pemerintah,”pungkasnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri