Pelaku Pencurian Ponsel dan Penadah Diringkus Resmob Polda Sulsel

Minggu, 20 September 2020 06:08

MAKASSAR,REWAKO.ID – Tiga pelaku pencurian ponsel dan 2 penadahnya diamankan anggota Resmob Polda Sulsel, Sabtu (19/9/2020).

Ketiga terduga pelaku, Hendrik (26) dan Jufri (30) warga Jl Panaikang Kota Makassar, Andi Muh Saddang (23), warga BTN Terasa Sudiang, Kota Makassar.

Sedangkan 2 terduga penadah yakni, Icha alias Ica (18), warga Jln H Kalla Lorong 3, Kecamatan Panaikang, Kota Makassar dan Megawati alias Mega warga Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba.

Kelimanya diduga terlibat dalam kasus pencurian dan pemberatan yang tengah ditangani Polres Polman Sulawesi Barat (Sulsel).

Dalam kasus ini, Polres Polman meminta bantuan sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/B/166/VII/2020/SULBAR/RES.POLMAN/SPKT dan Surat Permohonan Backup dari Polres Polman Polda Sulbar, ke Resmob Polda Sulsel untuk mengamankan 5 pelaku pencurian.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Sulsel, Kombes Pol Didik Agung Widjanarko mengatakan, penangkapan lima pelaku pada 16 September 2020.

Kombes Pol Didik mengatakan, penangkapan dilakukan berdasarkan hasil lidik Tim Resmob Polda Sulsel bahwa diduga pelaku curat sedang ingin menggadaikan ponsel di salah satu counter titip gadai di Jl Paccerakkang, Kota Makassar.

“Anggota langsung menuju tempat yang dimaksud dan berhasil mengamankan Hendrik. Kemudian tersangka dibawa ke Posko Resmob Polda Sulsel untuk diinterogasi lebih lanjut,” katanya.

Dari hasil interogasi terhadap Hendri, ia mengakui melakukan pencurian tersebut bersama dua temannya, Saddang dan Jufri.

“Kemudian anggota membawa Hendrik melakukan pengembangan dan menunjuk rumah dua orang temannya tersebut yang berada di Jl Panaikang Kota Makassar,” ujarnya.

Pelaku mengakui melakukan pencurian tersebut bersama dua rekannya. Dari keterangan tersebut, kemudian polisi membawa Hendrik melakukan pengembangan dan menunjuk rumah 2 temannya di Jl Panaikan,g Kota Makassar.

Alhasil, dua orang itu diamankan Saddang dan Jufri yang sedang beristrahat di rumahnya.

Kombes Pol Didik menambahkan, pada saat melakukan penangkapan anggota Resmob juga mengamankan barang bukti berupan satu unit ponsel Android Merek Vivo warna biru dan satu ponsel Android Merek Tab Advan warna putih.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K.,M.Si., mengungkapkan, dari hasil interogasi pelaku Hendrik mrngakui segala perbuatannya.

Kata Ibrahim, pelaku mengaku mengambil 3 unit ponsel Android Vivo warna biru, ponsel Android Samsung dan HP Tab Advan warna putih serta satu unit ponsel Lipat China di Jl Poros Polman Pinrang, BTN Binuang Alam Permai, Polman dengan cara masuk rumah pada 30 Agustus 2020.

Pelaku lainnya, Saddang dan Jufri juga mengakui turut serta bersama Hendrik melakukan aksi kejahatannya.

Selanjutnya, anggota Resmob Polda Sulsel berkoordinasi dengan Polres Polman untuk penyerahan tersangka dan barang bukti.

 

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Memed