Pemkab Genjot Vaksinasi, Kelompok Lansia Masih 1,2 Persen

Rabu, 12 Mei 2021 10:28

GOWA,REWAKO.ID – Meskipun dalam suasana Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus menggenjot vaksinasi Covid-19 di daerah ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, dr Gaffar membeberkan jika vaksinasi kelompok Lansia di Kabupaten Gowa hingga saat ini masih 700 orang, dari total target pemerintah sebanyak 72.005 orang.

Dia mengatakan, jika dipersentasekan vaksinasi khusus kalangan Lansia baru 1,2 persen. Tentunya ini masih jauh dari target pemerintah.

“Lansia kita baru 700 lebih dari 72.005 kalau di presentasi itu baru 1,2%, masih jauh,” kata dr Gaffar. Selasa (11/5/2021).

Dirinya pun bersama tim fokus pada Lansia, Guru, Kita konsen di Lansia, guru, dan sejumlah kelompok rentan lainnya.

dr Gaffar juga mengatakan, sementara untuk Vaksinasi kelompok rentan lain seperti Pelayanan Publik hingga saat ini sudah mencapai 14,67.

Sementara untuk tenaga kesehatan sudah melampaui target dari 2033 sekarang sudah 2650 jadi sudah 130% yang telah terdata.

“Terus untuk pelayanan publik di Kabupaten Gowa kita saat ini 14,67%, kalau tenaga kesehatan sudah melampaui jadi 2033 sekarang sudah 2.650 jadi sudah 130% yang terdata,” ujar dr Gaffar

Dengan demikian, setelah Ramadan dr Gaffar bersama jajaran Tim Gugus Tugas Covid 19 akan kembali menggencarkan vaksinasi terhadap kelompok-kelompok rentan.

“Jadi strateginya setelah lebaran kita akan gencarkan di lansia karena kelompok resiko, selain itu guru yang harus kita selesaikan sebelum Bulan Juli,” kata dr Gaffar.

Pemerintah Kabupaten Gowa pun telah menerima penambahan vaksin sebanyak 410 vial. Kuota vaksin tersebut kata dr Gaffar jauh dari yang diharapkan.

Hal ini dikarenakan serapan distribusi vaksin kebijakannya saat ini diambil alih oleh Biofarma melalui sebuah aplikasi yang dapat membaca selisih pemberian dosis 1 dan dosis 2, serta berapa jumlah kecepatan harian laju vaksin setiap harinya.

“Jadi perpaduan formulasi itu mereka akan mengalokasikan satu kabupaten/kota berapa yang bisa didapatkan oleh mereka,”pungkasnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri