Penghasilan Influencer Sebulan Capai Rp1M

Rabu, 21 April 2021 17:15

MAKASSAR,REWAKO.ID – Direktur jenderal kekayaan negara (DJKN) wilayah sulselbartenggara sudah mulai menyelidiki kekayaan para influencer yang ada disulsel.

Pasalnya para influencer, terutama dari kalangan youtuber dan selebgram memiliki penghasilan yang cukup besar. sehingga akan dikenai pajak penghasiln nantinya.

Kepala DJKN sulselbartenggara, Ekki Sukadana mengatakan bahwa dari data yang dimiliki, setidaknya saat ini sudah 18ribu influencer yanga ada di wilayah kerjanya,  penghasilan antara Rp.300 ribu-Rp 1 Miliar setiap bulannya.

“Saat ini kita sudah mengawasi para influencer di daerah ini,karena penghasilan mereka cukup besar, ada yang dapat Rp1 miliar perbulannya, dengan pelanggan sekitar Rp 5 Juta pelanggan hanya saja kita merahasiakan identitas mereka,” ujarnya Rabu (21/4/2021).

Menurutnya, pajak dari para influencer ini cukup besar jika bisa dimaksimalkan,apalagi saat ini influencer terus bertambah jumlah.

Meski demikian, Ekka mengakui jika penanganan pajak bagi para influencer ini hal yang baru sehingga perlu edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat.

Pihak Direktoran Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan tim khusus untuk menggali potensi penerimaan pajak dari ekonomi digital, terutama dari pelaku ekonomi digital atau influencer.

Berdasarkan draf rencana kerja Ditjen Pajak Kemenkeu, tim khusus tersebut bernama Gugus Tugas Penanganan Pelaku Ekonomi Digital.

Nantinya, tim khusus tersebut akan menjalankan dua tugas pokok, yakni menunjuk pelaku perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) dan pemantauan kegiatan influencer.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Ahmad