PMI Sulsel Kini Punya Alat Donor Trombosit Demam Berdarah 

Kamis, 24 Juni 2021 18:22

GOWA, REWAKO.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan telah memiliki alat untuk melakukan donor trombosit. Donor trombosit sendiri diberikan kepada pasien yang terdiagnosis Demam Berdarah.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri pelepasan Mahasiswa KKN gelombang 106 Universitas Hasanuddin Makassar, pada Rabu (23/6/2021).

“Saya juga ingin menyampaikan kalau ada saudara-saudara kita terjangkit DBD, sekarang ini sudah ada alat untuk melakukan donor trombosit, karena saat ini sedang terjadi peningkatan kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) yang cukup tinggi,” kata Adnan.

Sehingga, kata dia,  jika ada masyarakat yang terkena DBD pasti rendah trombositnya sehingga harus dilakukan pengecekan golongan darah terlebih dulu.Namun masa berlaku trombosit ini hanya 1x24jam oleh karena itu ketika dibutuhkan, masa harus segera donor kan.

“Jadi kalau ada saudara-saudara kita yang terkena demam berdarah pasti trombositnya itu turun, cuman memang ini harus dilakukan pengecekan terlebih dulu golongan darahnya, kemudian masa berlaku trombosit ini hanya 1x24jam oleh karena itu ketika dibutuhkan baru diambil,” terang Bupati Gowa Dua periode ini.

Adnan mengatakan, jika masyarakat tidak perlu segan-segan menghubungi PMI jika membutuhkan donor trombosit ataupun darah.

“Jadi kami nanti kasih penanggung jawab kabupatennya baik yang di Sulawesi Selatan maupun di luar Sulsel nanti akan kami berikan masing-masing nomor kepala markas di setiap kabupaten/kota, jadi bisa langsung berhubungan dengan kepala markasnya untuk bisa donor darah,”pungkasnya.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri