Polres Gowa Amankan 2.050 Butir Obat Daftar G, Sasarannya Anak Sekolah

Senin, 08 Maret 2021 16:05

GOWA,REWAKO.ID – Satuan Narkoba Polres Gowa mengamankan 2.050 butir Obat Daftar G dari pria berinisial AN (21), seorang buruh harian di Desa Biring Balang, Kecamatan Barombong, Gowa, Jumat (5/3/2021).

Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan mengatakan, AN diamankan berdasarkan laporan warga yang resah dengan peredaran obat daftar G dikalangan masyarakat khususnya anak-anak sekolah desa tersebut.

“Setelah bahan keterangan dan penyelidikan terkimpul, polisi kemudian memantau rumah terduga pelaku, saat itu pelaku sudah ada di rumahnya, saat digeledah pelaku sudah naik di atas atap rumahnya bersiap untuk kabur,” kata AKP Tambunan.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku menawarkan obat daftar G tersebut kepada orang yang dikenalnya.

“Modus pelaku melakukan transaksi dengan konsumen yang dikenal dan menyerahkan pada pelanggan. Dia menjual obat ini kurang lebih sudah 5 bulan,” ujar AKP Tambunan

Sementara itu, berdasarkan pengakuan AN obat daftar G tersebut diperolehnya dari seorang Bandar di Makassar, dengan sekali pemesanan sebanyak 2000 butir seharga Rp1,5 juta.

“Satu kali saya pesan 2000 butir seharga Rp1,5 juta dan saya kemas per sachet itu 7 butir seharga Rp10 ribu,” ujar AN.

Dari hasil penjualan barang haram tersebut, AN bisa meraup keuntungan hingga Rp20 Juta rupiah. Dan hasilnya tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

AN pun dijerat Pasal 196 ayat 2 dan 3 UU Nomor 36 tentang Kesehatan Tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri