Priska Adnan Targetkan Semua Remaja Putri di Gowa Konsumsi Tablet Zat Besi

Kamis, 25 November 2021 10:52

GOWA,REWAKO ID – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Gowa menggelar sosialisasi pemberian tablet penambah zat besi kepada remaja putri, di dua lokasi dataran rendah, pada Rabu (24/11/2021).

Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, bahwa kegiatan itu merupakan mediasi dari TP PKK Gowa. Dimana menjelang masa menstruasi, remaja putri perlu edukasi untuk mengonsumsi suplemen zat besi.

“Ini diberikan kepada remaja – remaja putri di usia SMP (Sekolah Menengah Pertama) sederajat. Karena memang di usia ini remaja-remaja putri sudah masa aqil baliq atau menstruasi,” kata istri Bupati Gowa Adnan Purichta ini.

Dia mengatakan bahwa pemberian zat besi ini sangat berguna bagi remaja putri, sebab mampu menambah performa konsentrasi mereka saat belajar, khususnya bagi peserta didik atau menempuh jenjang pendidikan.

Tidak hanya itu, Priska menjelaskan bahwa mayoritas remaja putri saat ini mengalami anemia, jika dipersentasikan jumlahnya 70 persen. Olehnya dengan pemberian zat besi itu bisa mencegah terjadinya anemia atau atau kondisi ketika dara kurang memiliki sel darah merah sehat yang cukup.

“70 persen remaja putri kita ini mengalami anemia, dan itu tidak diketahui sama sekali. Sehingga jika banyak anemia, tentunya para remaja putri ini juga akan melahirkan generasi – generasi berikutnya. Nah ibu hamil yang terkena anemia itu 50 persen berpotensi melahirkan berat bayi rendah,” ucapnya.

Dijelaskan lebih jauh, dengan program kegiatan itu selain mencegah anemia dan menambah performa konsentrasi pada remaja putri, juga sekaligus untuk mencegah prefalensi stating pada anak sejak dini.

Saat ditanya jumlah target pemberian suplemen zat besi, Priska mengatakan sebanyak mungkin, bahkan diupayakan seluruh remaja putri di semua Kecamatan di Gowa.

“Jadi tablet penambah zat besi ini ada di seluruh sekolah tingkat SMP di Gowa. Namun memang inisiasi Tim Penggerak PKK hanya di dua sekolah. Tetapi di 18 Kecamatan sudah ada sekolah-sekolah yang menjadi pilot projet untuk pemberian zat penambah zat besi ini,” tandasnya.(*(

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri